First Impression : DFSK Glory 580, Penantang LSUV dari Tiongkok

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Kalau Anda lihat judul, apa yang terpikir dari Anda tentang LSUV? Pasti yang ada di pikiran Anda hanyalah Rushter yang beredar sejak 2006, dan mungkin BR-V. Trax dan HR-V? Ah, mungkin kami biasa menyebutnya dengan Compact Crossover.

Nah, pada gelaran GIIAS 2017 kali ini, muncul lagi satu penantang di kelas LSUV dari Tiongkok. Dia adalah DFSK Glory 580, yang tak mencolok di pameran karena menyatu dengan hall truk dan bus. Seperti apa modelnya? Simak First Impression kami dibawah ini.

Exterior

IMG_5709

Dari depan, Glory 580 terlihat cukup keren dengan adopsi lampu depan proyektor dengan DRL. Fascianya terlihat mewah namun headlampnya sedikit outdated. Grilnya bertipe bar krom berjumlah 3 bar. Omong-omong, ada yang sependapat dengan kami kalau depannya mirip HR-V?

IMG_5706

Side view Glory 580 terlihat sleek dan tidak tinggi, namun menurut kami malah jadi mirip Hyundai Tucson atau Nissan X-Trail. Spionnya tidak datar seperti Rush, namun tidak sekeren spion BR-V yang LED turning lampnya ‘sembunyi’.

Tipe 1.5 Turbo memakai pelek 17 inci polished 2-tone dengan ban 225/60..

IMG_5702

…sedangkan tipe 1.8 memakai pelek 17 inci berukuran ban 215/60 yang modelnya lebih sederhana.

IMG_5701

Di belakang, kita akan menjumpai tampang yang mirip seperti jajaran SUV dari Audi.IMG_5705

Tail lampnya berada di pintu bagasi dan bermodel LED. Oya, untuk model Turbo ada emblem Turbonya.

IMG_5708

Entah Eurodriver itu apa.

IMG_5699

Overall, tampang mobil ini tidak jelek, bahkan cukup keren walaupun ada unsur desain mobil lain seperti halnya mobil Tiongkok biasanya. Namun hebatnya, DFSK bisa menggabungkan ciri desain masing-masing mobil dengan baik hingga membentuk desain Glory 580.

Interior

IMG_5700

Desain dashboard Glory berkiblat ke VW, dapat dilihat dari vent ACnya yang mirip dengan Golf, Tiguan, ataupun Lavida. Begitu pula model audionya yang berukuran cukup besar dengan touchscreen. Oya, walaupun ACnya bukan tipe kompor gas, ia bukan climate control otomatis.

IMG_5695

Yang ini dashboard milik tipe Turbo-nya. Di dashboard ia punya corak karbon yang menurut kami terlihat agak murahan. Namun, build qualitynya boleh diacungi jempol meski materialnya biasa saja.

IMG_5693

Kami lupa-lupa ingat ini model setirnya mirip apa. Yang pasti, setirnya sudah punya steering switch dan cruise control. Dilapis kulit perforated pula untuk kedua tipe.

IMG_5694

Speedometernya belum digital dan desainnya biasa saja. Entah MIDnya sudah color atau masih hitam putih.

IMG_5697

Soal upholstery, ia patut diacungi jempol. Baik tipe Turbo maupun 1.8 sudah dilengkapi jok kulit. Bedanya, tipe 1.8 hanya satu warna yakni hitam, sedangkan tipe Turbo 2 warna yaitu coklat berpadu hitam.

IMG_5696

Glory 580 tidak punya jahit-jahitan palsu, namun jahitan dan kulitnya asli sampai ke centre tunnel. Ia juga punya rem tangan elektrik di bawah CVT lever-nya. Ada panel piano juga. Ah, kami lebih suka ini daripada karbon palsu di dashboardnya. Terlihat lebih mewah dan modern.

IMG_5692

As always, mobil mid-end Tiongkok seperti Glory 580 dan Baojun 730 punya sunroof sebagai standar. Kenapa mobil Tiongkok suka pakai sunroof ya? Yang tahu coba komentar di bawah.

IMG_5704

Glory 580 punya bangku baris ketiga seperti kompetitornya. Tapi kami tidak tes duduk karena a. kami tidak akan muat di situ, dan b. kami tidak akan muat di sana. Sepertinya bangkunya hanya selega X-Trail. Yang pasti, pelipatannya rata lantai dan ada cover bagasi juga ketika bangku baris ketiga dilipat. Jarang-jarang ada di mobil yang bangkunya 3 baris.

Overall, Glory 580 punya interior yang desainnya ‘cukup’, namun fitur dan built qualitynya lumayan pakai banget.

Mesin

IMG_5710

Glory 580 mengadopsi mesin 1.8 NA dan 1.5 Turbo. Yang 1.8 menghasilkan tenaga sekitar 130hp dan dipadukan dengan 5-speed manual only. 1.5 Turbo punya tenaga sekitar 150hp dan dipadukan dengan 6-speed manual dan CVT.

Yang turbo kuat minum bensin langganan konsumen Indonesia nggak ya?

Conclusion

IMG_5707

Glory 580 rencananya akan masuk pasaran Indonesia tahun depan. Prediksi kami, dengan harga kisaran 280 jutaan, ia akan agak sulit menyaingi mobil asal Jepang, namun ia bisa menjadi pilihan menarik dengan tampangnya yang keren dan fiturnya yang melimpah.

Bagaimana menurut Anda? Sampaikan komentar di bawah dan jangan lupa stay tune terus di website kami untuk update berita otomotif terbaru. Subscribe juga ke channel YouTube Auto Plus Indonesia. See ya!

About Veyvez Zatha 29 Articles
Petrolhead alias reviewer mobil yang nyasar ke dunia hitung-hitungan alias matematika. Penggemar sejati air-cooled Porsche. Cari dia di Instagram @veyvez