First Impression : All New Hyundai Tucson

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

 

AutoPlusID.com – All New Hyundai Tucson akhirnya diluncurkan di ajang IIMS 2016. Tucson sendiri seperti kita ketahui adalah rival dari Honda CR-V, Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail. All New Hyundai Tucson memiliki kelebihan tersendiri yaitu harganya yang hanya Rp 385 juta mengingat rival nya menjual nya dengan harga yang lebih tinggi.

Kami kira mobil ini akan seperti kompetitornya yang menyentuh angka Rp 400 jutaan. Ternyata kami salah dan justru mobil ini lebih terjangkau dari rival-rivalnya. Apalagi mobil ini adalah mobil CBU dari Korea. Sayangnya, penambahan fitur-fitur nya biasa saja dari pendahulunya seperti TFT LCD MID di speedometer, AC digital, rear view camera, tear AC ventilation dan rangka Advance High Strength Steel serta hadirnya layar touchscreen 5 inci.

Hyundai All New Tucson Indonesia 2016 Belakang

Fitur lainnya ada rem ABS+EBD, kursi ISOFIX, head unit dengan konektifitas AUX dan USB. Untungnya seperti mobil mobil CBU Korea, kita mendapatkan kualitas interior dan fit & finished yang amat baik, hampir setara standar mobil Eropa, terutama pemilihan material interior dan desainnya yang enak dilihat. Di bagian interior juga tersemat layar touchscreen 5 inci yang tentu banyak mengandung fitur-fitur yang menarik.

Eksteriornya juga tak kalah menarik. Tucson memiliki desain yang keren dipadukan dengan velg two-tone berukuran 17 inci dengan ban 225/60 R17. Kita juga mendapatkan LED DRL, lampu depan dengan HID Xenon 4.300 K, grill hexagonal, dan karakter tegas yang membuat mobil ini semakin keren dan macho. Mobil ini juga dilengkapi headlamp dengan fitur Auto Light Control yang akan bekerja secara otomatis ketika kondisi pencahayaan disekitarnya kurang, sehingga pengemudi lebih jelas melihat kedepan meski dalam kondisi gelap. Canggih bukan?

maaf tim redaksi kami lupa memfoto bagian interior nya

Hyundai mengatakan mereka memberikan improvement di bagian ride & handling dan noise vibration harshness. Padahal mobil ini sebelumnya sudah minim getaran dan kekedapan suaranya cukup baik. Kaki-kaki dirancang untuk memberikan rasa mengemudi yang mantap dan kesenangan berkendara. All New Hyundai Tucson sendiri hasil crash test nya mendapat 5 bintang dari Euro NCAP.

All New Tucson menggunakan mesin 2.000 cc D-VVT yang bertenaga 159 hp dengan torsi 195 nm ditemani transmisi 6 speed shifttronic. Wa,h kenapa Tucson yang mesin Turbo GDI 1.600 cc yang bertenaga 177 hp dengan transmisi dual clutch 7-speed tak masuk Indonesia ya? Tapi mesin 2.000 cc tersebut cukuplah membuat Tucson bergerak cepat. Pilihan warnanya pun cukap banyak, seperti Pure White, Phantom Black, Pepper Grey, Ruby Wine, dan Ara Blue.

Hyundai Tucson

Akomodasi mobil ini cukup baik. Penumpang yang duduk di baris kedua akan merasa nyaman. Kenapa? karena mobil ini memiliki legroom yang cukup luas, memiliki sebuah arm rest dan memiliki perngaturan AC belakang. Mobil ini juga dilengkapi oleh jok kulit yang menambah kesan mewah nya. Jok depan pun sudah full elektrik.

Bagasi nya pun cukup luas juga, memiliki kapasitas yang sangat besar yakni 591 liter. Secara dimensi, panjang mobil ini sendiri adalah 4,410 mm dengan lebar 1,820 mm dan tinggi 1,655 mm. Jarak sumbu roda sekitar 2,640 mm. Berat mobil ini sendiri adalah 1,980 kilogram.

Hyundai All New Tucson Indonesia 2016 5

Untuk keamanan mobil ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Sebut saja ABS+EBD, power window yang akan otomatis berhenti menutup kaca jika ada tangan atau benda yang menghalangi nya, ada juga Headrest protect the head & neck untuk melindungi cidera kepala dan leher sewaktu terjadi hal yang tidak di inginkan sewaktu terjadi kecelakaan, dan perfect force airbags yang dibenamkan pada bagian dashboard depan sebanyak dua buah dengan fungsi meminimalisir akibat benturan keras dari luar.

Sebenarnya yang menarik adalah harganya. Dengan harga Rp 385 juta kita mendapat garansi 3 tahun tanpa batasan kilometer. Jika tertarik datang saja ke booth Hyundai di IIMS 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Sampai bertemu di First Impression AutoPlusID.com selanjutnya!

About Rayza Duksino 22 Articles
Seorang petrolhead muda yang mempelajari teknologi dan robotic. Suka mobil-mobil Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW yang sudah berstatus motuba.