First Impression : Audi A3, Kembalinya Audi Ke Pasar Luxury Hatchback

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Setelah sekian lama tidur di persaingan ini dan membiarkan kedigdayaan BMW Seri 1 dan Mercedes Benz A Class di Indonesia, kali ini Audi memberanikan diri untuk menghadirkan Audi A3 ke Indonesia dan diharapkan menjadi pendompleng penjualan Audi di Indonesia. Seperti apa impresi kami tentang Audi A3? Let’s Check This Out!

Desain Eksterior

Click Download to save this image
Desain dari A3 ini cukup konservatif, tapi timeless

Sejak kehadirannya Audi A3 di 1996, mobil ini memang memiliki bentuk yang cukup unik dan premium. Namun, saat melihat generasi ketiga ini memang mobil ini tetap berkarakter, tetapi berbanding terbalik karena betapa kami melihat desain mobil ini yang agak konservatif dan cukup membosankan bahkan kami melihat desainer Audi kurang berani berekspresi terhadap A3 ini yang mana mobil ini menyasar konsumen muda dengan strata hidup yang sedang memiliki karir yang naik. Walaupun, Audi memberikan warna warna unik salah satunya warna kuning yang dipamerkan di GIIAS 2017. Saat impresi awal kami mobil ini memiliki desain yang biasa saja.

Desain Interior

Click Download to save this image
Tidak seperti Audi yang lain, A3 ini dapat dikatakan “Miskin Fitur” untuk demi mengelastiskan harga

Audi dikenal dengan premium dan teknologi nya. Saat kedalam kami melihat desain interior mobil ini simpel tapi premium dengan material empuk dan mewah menghiasi interior mobil ini. Selain itu, mobil ini juga mempunyai akomodasi yang cukup lega jika dibandingkan seri 1 dan A class. Tapi sayangnya, mobil ini cukup miskin fitur dan minim konektivitas lantaran mobil ini tidak seperti Audi yang lainnya dengan fitur yang sangat lengkap sekali. Andaikan mobil ini minimal mempunyai MMI navigation, maka sempurna mobil ini.

Performa Mesin

Mobil ini dibekali mesin 1.200 cc TFSI dengan tenaga 110 Hp dan torsi 175 Nm yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan dan sudah dilengkapi oleh Audi Drive Select. Mobil ini mampu melecutkan tenaga nya dalam tempo kurang dari sepuluh detik dengan parameter 0 hingga 100 Km/Jam. Memang untuk sebuah Audi A3 kami akui terkesan underpower karena saudaranya VW Golf saja dilengkapi oleh mesin 1.400 cc TFSI dan akan lebih baik jika A3 menggunakan mesin tersebut dengan harapan ia lebih bertenaga tanpa mengurangi efisiensi bahan bakarnya.

Harga dan Value

Sebagai Audi termurah Audi A3 ini dibanderol dengan harga 605 Juta OTR DKI Jakarta. Harga tersebut juga diklaim yang termurah dibandingkan pesaingnya baik BMW Seri 1 dan Mercedes Benz A Class. Harga tersebut tergolong kompetitif mengingat mobil yang masih dirakit dari Jerman.

Kesimpulan

Audi rasanya ingin sekali memposisikan mobil ini menjadi yang termurah dikelasnya, namun kami akui mobil ini walaupun mewah dan premium tapi miskin fitur. Rasanya kami tak sabar untuk menguji mobil ini dalam waktu yang panjang berdasarkan standar baku pengetesan AutoPlus Indonesia.

About Reyhan Apriathama 89 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.