First Impression : Audi Q5, Overrated?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Audi Q series memang  jika dibandingkan pesaing lainnya dari Jerman,ia merupakan penantang yang hadir paling terakhir diantara Mercedes Benz GL series dan BMW X series.  Mereka masing-masing memiliki keungulan komparatif satu sama lain. Audi Q series harus di akui memang memiliki teknologi yang paling terdepan diantara kompetitornya. Setelah sukses menghadirkan Q7 yang kami klaim sebagai Big Luxury SUV terbaik dikelasnya, kini Audi memberanikan diri untuk menghadapi gempuran dari Mercedes Benz GLC dan BMW X3 generasi ketiga yang baru saja keluar. Seperti apa? Simak terus!

Desain Eksterior

Click Download to save this image
Desain dari mobil ini cukup berkarakter dengan garis garis yang simpel

Dari bagian depan terlihat bahwa Audi Q5 ini memiliki perawakan seperti Q7 yang dikecilkan sedikit. Secara desain depan kami suka dengan desainnya karena simpel tapi enak dilihat seperti kakaknya. Unit yang dipamerkan di GIIAS 2017 ini berbasis setir kiri dimana Audi Q5 yang pasar lokal nantinya akan mengalami penyesuaian spesifikasi. Mobil ini memberika appeal yang khusus walaupun desainnya cenderung mengotak, tapi kami rasa ini usaha Audi bagaimana mereka membentuk produk yang sangar tetapi elegan. Dibagian samping untuk pasar Indonesia Audi Q5 akan dibekali velg R19 dan tidak dibekali panoramic roof. Memang di bagian samping perbedaan yang paling mencolok adalah kesan dari Audi Q5 yang cenderung kaku dengan garis lurus yang tidak luwes, namun bagi kami kembali ke selera karena kami lebih suka bagian samping dari Q5 generasi pertama yang atraktif dengan garis-garis yang berani. Kabar baiknya ialah mobil ini memiliki bobot lebih ringan hampir 90 kg dan memiliki koefisien drag terendah di kelas SUV dengan nilai sebesar 0,30. Secara keseluruhan, buat kami mobil ini cenderung konservatif, namun ia memberi perhatian khusus jika anda adalah seorang Petrolhead.

Click Download to save this image
Desain eksterior pada bagian belakang memiliki garis yang lebih kaku dibanding Q5 generasi pertama

Desain Interior

Click Download to save this image
Desain interiornya modern dengan virtual cockpit dan layar 8 inci sebagai sentra multimedia dan memiliki 30 jenis lampu ambient. Kualitas material nya tidak perlu diragukan lagi

Pada bagian interior mobil ini terlihat sangat mewah dengan aksen dan material premium khas Audi. Selain itu di panel instrumen mobil ini sudah dilengkapi oleh Audi MMI Navigation Plus yang siap mengkoneksikan Audio dengan perangkat telepon pintar baik android maupun iPhone. Belum lagi, kehadiran Audi Virtual Cockpit dari mobil ini mampu memberikan handicap yang keras bagi pesaingnya. Di bagian baris belakang mobil ini memiliki konfigurasi 40:20:40 dan mempunyai akomodasi 610 liter dan dapat ditingkatkan lagi hingga 1.510 liter jika baris kedua dilipat secara rata. Kesan mewah dan lega makin bertambah dengan Audio buatan Bang and Olufsen dengan 19 speaker beserta tweeter 750 watt yang siap memanjakan telinga anda di perjalanan, kami berani bilang bahwa Audio dari Q5 ini adalah yang terbaik karena kami pernah mencoba A4 dan Audio nya sangat baik sekali.

Performa

Audi Q5 generasi kedua ini dibekali mesin empat silinder turbo dengan tenaga 252 Hp dan Torsi 370 Nm. Mesin tersebut disalurkan keempat rodanya dengan teknologi Quattro yang melegenda dengan reputasi yang sangat baik bertransmisi S Tronic. Mobil ini memiliki lima mode berkendara yang siap melajukan mobil ini ke 100 Km/Jam dalam tempo 6,2 Detik hasil klaim Audi. Figur tersebut merupakan yang paling kencang mengingat pesaingnya GLC hanya 7,6 detik dalam figur yang sama.

Harga dan Memiliki

Mobil ini dibanderol hampir 1,450 Miliar OTR DKI Jakarta, wajar mobil ini mahal karena diimpor secara utuh dari Jerman dan terkena pajak ppnbm yang tinggi. Harga tersebut sudah termasuk paket servis gratis tiga tahun atau 90 ribu KM mana yang tercapai terlebih dahulu. Bagi anda yang tinggal diluar daerah pastikan di daerah anda memiliki jaringan purnajual dari Audi karena purnajual dari mobil ini masih sangat terbatas diluar wilayah Jakarta.

Kesimpulan

Harus kami akui mobil ini adalah yang terbaik dikelasnya, tapi ada hal yang sangat mengganjal pada harganya yang memiliki gap yang sangat jauh diantara pesaingnya. Tapi, jika anda ingin merasakan emosional berlebih maka mobil ini patut dipertimbangkan, belum lagi mobil ini punya fitur yang paling lengkap dikelasnya.

About Reyhan Apriathama 89 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.