First Impression : BMW i3

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Seiring kesuksesan BMW i8 yang diterima oleh konsumen kaya di Indonesia, kali ini BMW akhirnya memberanikan diri untuk memperkenalkan BMW i3 di Indonesia. Perkenalan ini sepertinya tidak hanya dipamerkan saja, tetapi jika pasar menerima mobil ini dan Pemerintah bersedia mendukung pengembangan produk kendaraan full elektrik, maka mobil ini bisa jadi mobil elektrik pertama yang dijual secara legal di Indonesia, lantas seperti apa impresi dari mobil ini? Let’s check this out!

Desain Eksterior

Click Download to save this image
Jika desain BMW selalu ingin gagah, makan di eksterior depan BMW i3 terlihat bahwa i3 merupakan BMW yang paling unik di jajaran BMW yang dijual di pasar dunia

Terus terang, saat pertama kali kami melihat mobil ini di media sosial terlihat ini merupakan produk BMW yang mengingatkan kami akan isetta yang sudah ada di era 50an. Desainnya unik dan lucu untuk sebuah BMW yang dimana desain mereka lebih dominan maskulin, namun desain ini kami suka, karena desainnya unik dan fungsional, bahkan kami melihat bahwa i3 adalah BMW yang sepertinya tidak hanya asik untuk dikemudikan, tapi juga lincah, dan mudah meliuk-liuk kepadatan Jakarta.

Click Download to save this image
Dari bagian samping kami melihat bahwa mobil ini akan menjadi pusat perhatian orang banyak dengan keunikan yang super ini

Desain Interior

Click Download to save this image
Desain interior tergolong minimalis namun syarat akan fungsi

Dengan i3 terlihat usaha BMW dalam melihat akan keberlangsungan otomotif di masa yang akan datang cukup berhasil, terlihat dimana bahwa BMW i3 menggunakan bahan material organik daur ulang yang berkualitas tinggi, panel-panel nya terlihat simpel namun berhasil dimaksimalkan oleh insinyur BMW agar ruangan yang kecil tetap memiliki banyak ruangan penyimpanan baik penyimpanan terbuka maupun penyimpanan tertutup. Panel instrumen, idrive nya tetap tersedia. Posisi duduk dari mobil ini ergonomis, terlepas dari tipisnya material organik itersebut. Saat kita ke bagian belakang ternyata walaupun mobil ini menggunakan suicide door, terlihat mobil ini sebenarnya mempunyai akomodasi yang cukup memadai di baris kedua, terlepas kapabilitasnya yang sangat terbatas untuk saya yang berpostur tambun. Walaupun begitu, untuk orang yang berpostur 175cm saja masih dapat dengan leluasa untuk duduk di baris kedua mobil ini, secara keseluruhan interior mobil ini walaupun minimalis tetapi tetap mewah dan modern.

 

Click Download to save this image
Walaupun minimalis, namun berkelas dan ramah lingkungan. Bangku dari mobil ini tergolong tipis tetapi masih nyaman untuk diduduki

Performa

BMW i3 ini memiliki Motor listrik sinkron hibrida yang dikembangkan dan diproduksi khusus oleh BMW Group untuk digunakan di BMW i3 menghasilkan output 170 Hp dengan torsi maksimum 250 Nm sejak mobil mulai bergerak. BMW i3 melaju dari 0 hingga 100 km / jamdalam 7,2 detik, setelah berakselerasi dari nol ke 60 km / jam (37 mph) hanya dalam 3,7 detik. Dengan waktu 4,9 detik untuk melaju dari 80 sampai 120 km / jam (50 – 75 mph), kendaraan ini menawarkan performa sport yang umumnya dihasilkan mobil dengan mesin konvensional yang membawa tenaga jauh lebih besar. Penggerak roda belakang mobil memungkinkan as roda depan tetap bebas dari torsi kemudi dan memenuhi fungsi kemudinya hingga penuh. Seperti model terkini dari merek BMW dan MINI, bantuan tenaga listrik juga mengirim perintah kemudi BMW i3 ke jalan dengan lancar dan presisi. Lingkaran baliknya yang sangat kecil yaitu 9,86 meter dan setir kemudi yang menuntut hanya 2,5 putaran dari posisi kunci untuk menunjukkan pengendalian BMW i3 yang tangkas. Ketangkasan ini adalah ciri khas pengalaman berkendara dengan BMW i3, terutama di kondisi perkotaan. Selain itu, jarak sumbu roda yang panjang (2.570 milimeter),
bingkai aluminium kaku dari modul Drive dan teknologi sasis canggih merupakan komposisi yang sempurna untuk perjalanan yang nyaman. Untuk jarak tempuh dalam satu kali pengisian bahan bakar diklaim dapat menempuh 330 Km dengan range extender.

Harga dan Kehadirannya Di Indonesia

BMW Group Indonesia selaku APM BMW di Indonesia belum memastikan kapan BMW i3 akan dijual di Indonesia dan masih dalam studi terkait dengan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia, namun jika kita kilas balik kebelakang maka besar kemungkinan bahwa i3 ini akan dijual mengingat seperti BMW i8 yang sudah hadir di 2016 silam. Belum lagi insentif pajak untuk kendaraan ramah lingkungan di 2018 silam memungkinkan sinyal positif untuk hadir secara resmi di Indonesia dengan harga sekompetitif mungkin.

About Reyhan Apriathama 111 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.