First Impression : Chevrolet Colorado

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Tahun 2017 ini PT General Motors Indonesia selaku Agen pemegang merek Chevrolet di Indonesia sangat gencar meluncurkan produk untuk melengkapi jajaran mereka. Dimulai pada bulan Februari 2017, mereka meluncurkan dua produk terbaru dan satu produk penyegaran untuk menancapkan kakinya di pasar Indonesia. Belum sampai disitu, lagi-lagi Chevrolet juga kembali menghidupkan kembali salah satu varian Pikap andalan mereka yaitu Chevrolet Colorado. Bagaimana impresi awal kami terhadap mobil ini? Ikuti saja.

Desain Eksterior

Cita rasa Amerika mendominasi dan membuatnya sangat kekar dan berwibawa.
Cita rasa Amerika mendominasi dan membuatnya sangat kekar dan berwibawa.

 

Sayangnya belum dilengkapi pelindung bak dalam/
Sayangnya belum dilengkapi pelindung bak dalam

Saat melihat desain eksterior dari mobil ini kami merasa mobil ini tampil paling gagah dan macho di kelas ini, ciri dan karakter mobil ini sangat terasa melalui cita rasa desain khas Amerika yang sangat melekat pada mobil ini sehingga terlihat maskulin, Bahkan, desain dan karakter mobil ini jauh lebih tercermin jika dibandingkan dengan Chevrolet Trailblazer sang kakak. Dibagian samping dan belakang memang terdapat sedikit perubahan minor, terkecuali desain velg yang membuat mobil ini semakin kekar dan berotot. Di bagian dek mobil ini sayangnya belum dilengkapi pelindung bak sehingga harus dijual terpisah.

Desain Interior

Desain interiornya sekilas mirip dengan Trailblazer yang seplatform dengannya bahkan sistem pembukaan kaca saat pintu mobil dibuka pun sama
Desain interiornya sekilas mirip dengan Trailblazer yang seplatform dengannya bahkan sistem pembukaan kaca saat pintu mobil dibuka pun sama.

Secara desain interior,  mobil ini hampir tidak ada perbedaan dari Trailblazer untuk varian termahalnya, baik kualitas bahan hingga instrumen cluster maupun MID ia sama persis bahkan hingga detil detilnya sama. Namun, untuk varian basic dari mobil ini ia belum dilengkapi oleh ac digital dan untuk varian standar kurang lebih akan mirip seperti varian TrailBlazer tipe LT namun dengan kelengkapan yang lebih sedikit. Untuk urusan multimedia fitur Mylink tetap tersedia dan memberikan pengalaman terbaik untuk mobil ini.

Yang mampu membedakan Trailblazer LTZ dan Colorado tipe tertinggi adalah emboss High Country.
Yang mampu membedakan Trailblazer LTZ dan Colorado tipe tertinggi adalah emboss High Country.

Akomodasi

Mobil ini dari luar memilikmi dimensi yang tidak berbeda, hanya bak pikap terbuka yang membedakan mobil ini dengan TrailBlazer. Namun, saat kami menguji secara parsial kami merasa akomodasi mobil ini salah satu yang terbaik terutama untuk penumpang bagian belakang legroom mobil ini sangat lega untuk orang yang bertubuh gemuk sehingga akan terasa cukup nyaman, terlepas dari posisi duduk belakang mobil ini yang sangat tegak.

Performa Mesin

Awalnya kami mengira mobil ini akan dipersenjatai dengan mesin yang sama dengan TrailBlazer namun perkiraan kami salah besar karena mobil ini ternyata memiliki dua varian mesin yang hampir sama dengan varian lama yaitu 2.500 cc dengan fixed turbo bertenaga 163 Hp dengan torsi 380 Nm dan 2.800 cc variabel geometry turbo bertenaga 200 Hp dengan torsi yang sangat besar dikelasnya yaitu 500 Nm yang disalurkan keempat rodanya. Untuk mesin 2.500 cc mobil ini hanya tersedia dalam transmisi manual enam percepatan dan varian 2.800 cc High Country dengan transmisi otomatis enam percepatan. Kedua mesin tersebut juga memiliki kapabilitas untuk menenggak bio ethanol berkadar 20 persen.

Fitur Keselamatan

Kedua varian Colorado sudah dilengkapi oleh ABS, EBD,BA dan Kantung udara, sementara Limited Slip Differential hanya tersedia pada varian LT Manual, sementara pada High Country ia dilengkapi fitur keselamatan aktif berlimpah seperti Hill Descent Control, Hill Start Assist, Electronic Stability Control, Trailer Sway Control, Lane Departure Warning System, dan Forward Collision Alert. Melihat kelengkapan keselamatan tersebut kami bisa simpulkan bahwa kedua varian ini memiliki segmentasi yang berbeda.

Harga

Harga varian LT dengan mesin 2.500 cc bertransmisi manual dibanderol dengan harga 405 juta rupiah, sementara varian High Country dengan mesin 2.800 cc bertransmisi otomatis dibanderol dengan harga 517 juta. rentangan harga tersebut merupakan yang termahal dikelas ini karena pesaingnya memiliki harga yang lebih kompetitif dengan fitur yang setara.

Kesimpulan

Desain yang menawan merupakan modal Colorado untuk bertarung setelah sempat tertidur di persaingan Pikap ganda yang selalu di dominasi oleh duo Jepang tersebut, kami melihat gap harga mobil ini sangat jauh antar varian walaupun hanya tersedia dalam dua varian sekalipun. Kami melihat bahwa Colorado LT menyasar pada penjualan corporate untuk kebutuhan operasional perusahaan dan diharapkan adanya LSD mampu menunjang kinerja mobil ini dalam mobilisasinya sebagai Pikap pekerja keras. Lain halnya dengan varian High Country yang lebih mengutamakan gaya dan hobi walaupun ia sebagai Pikap, tapi ingatlah untuk versi High Country harus berjuang keras menghadapi Pikap ganda untuk hobi karena ia memiliki perbedaan harga hampir 72 juta lebih mahal dibanding Navara sang Pikap ganda yang paling asik dikendarai dan berbeda 90 juta lebih mahal dibanding Strada Triton sang pemuncak kelas Pikap ganda. Terlepas dengan perbedaan tersebut, kami menilai Colorado ini merupakan Pikap ganda yang paling bergengsi karena cita khas amerika yang sangat kental sehingga terkesan berbeda dengan pesaingnya yang lain.

About Reyhan Apriathama 111 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.