Tidak ada kompromi bagi kami akan desain dari mobil ini, All is perfectly!

First Impression : Civic Type R, The Fastest FWD Car Is Here

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – PT Honda Prospect Motor selaku ATPM Honda di Indonesia sepertinya melakukan gencatan senjata yang luar biasa terhadap salah satu produk ikonik mereka yaitu Honda Civic. Setelah sukses merilis Civic Turbo FC1 sedan di 2016 silam dan mendapat respons yang sangat positif dari publik maupun media, di bulan Juni 2017, mereka juga menambah varian Civic Turbo dengan varian Hatchback yang mengingatkan kami akan Estilo, Wonder maupun Nouva yang mempunyai sejarah tersendiri yang sangat kuat pada ingatan kami. Kami rasa, kegagalan Civic generasi sebelumnya seakan-akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi Honda untuk menancapkan eksistensi Civic di Pasar Indonesia. Belum genap dua bulan pun, Honda secara mengejutkan meluncurkan mobil dengan penggerak FWD tercepat di Dunia, yaitu Honda Civic Type R di Indonesia. Indonesia juga merupakan negara kedua di Asia Tenggara setelah Filipina. Di Indonesia, Honda Civic Type R akan langsung berhadapan dengan Mercedes Benz A45 AMG, Renault Megan RS, Audi RS3 dan BMW M2 sebagai pesaing di entry sportscar. Lantas, apa impresi pertama kali kami tentang Honda Civic Type R? Ikuti terus!

Desain Eksterior

Tidak ada kompromi bagi kami akan desain dari mobil ini, All is perfectly!
Tidak ada kompromi bagi kami akan desain dari mobil ini, All is perfectly!

 

Tidak ada kompromi sama sekali bagi kami untuk melihat bahwa mobil ini terlihat sangat dramatis, desain dari mobil ini terlihat sangat kekar, kuat dan proporsional. Mobil ini memberikan appeal yang kuat ketika berada dijalanan sekalipun. Seluruh bagian dan detil dari mobil ini memberikan cita rasa performa yang sangat kuat dan terlihat berbeda. Di bagian bawah mobil ini sudah dilengkapi oleh ban dari  Continental ContiSportContact6 dengan profil 245/35/R20 dengan traksi Ban AA. Konon, Ban ini memiliki grip yang sangat kuat khususnya di jalanan kering dan sangat baik dalam hal Hydroplanning. Secara keseluruhan desain, mobil ini kami sangat suka tidak hanya sekedar berkarakter, tapi juga memikat di setiap sisi. Pada bagian belakang mobil ini terlihat sebuah spoiler yang membesar untuk memberikan downforce terbaik serta tiga buah muffler yang menambah karakter yang kuat akan mobil ini

IMG_20170810_190758_HDR__1502791957_120.188.7.125

Desain Interior

Dominasi kelir merah hitam meningkatkan kesan sporti dan memperlihatkan betapa mobil ini terlihat bak sebuah Hot Hatch garis keras
Dominasi kelir merah hitam meningkatkan kesan sporti dan memperlihatkan betapa mobil ini terlihat bak sebuah Hot Hatch garis keras

Secara keseluruhan dari segi desain, Tidak ada ubahnya seperti varian standar nya. Tapi yang terasa sangat berbeda adalah sentuhan elemen Type R berkelir merah yang mewarnai sekujur ditubuhnya sehingga memberikan kesan sporti dan atletis. Belum lagi, jok semi bucket di bagian penumpang depan dan pengemudi kian memberikan rasa berkendara yang tak terlupakan. Di bagian interior yang sangat membedakan ialah hadirnya Audio terintegrasi yang menyatu dan rapi sehingga membuat mobil ini terasa benar-benar CBU. Bagi kami, kemewahan di mobil ini nyaris tidak terlihat, namun rasa sport dengan aksen Type R seakan-akan membuat anda serasa berada di Arena Balap. Mobil ini benar-benar sebuah Hot Hatch garis keras.

Performa

Mesin 2000 cc yang kuat ini dipastikan menjadi salah satu mesin berperforma tinggi yang cocok untuk harian sekalipun
Mesin 2000 cc yang kuat ini dipastikan menjadi salah satu mesin berperforma tinggi yang cocok untuk harian sekalipun

Mobil ini dilengkapi mesin 2000cc empat silinder berkode K20c1 dengan tenaga 310 Hp pada 6500 rpm dan torsin 400 Nm pada 2500 Rpm. Mesin tersebut disalurkan ke roda depan dengan transmisi manual enam percepatan. Mobil ini diklaim dapat menuntaskan akselerasi dari 0 hingga 100 Km/Jam dalam tempo 5.7 detik dan top speed 270 Km/jam. Mobil ini juga mempunyai reputasi yang sangat memuaskan, dimana Mobil ini menjadi mobil berpenggerak depan tercepat di Dunia dengan mampu menyelesaikan satu lap Sirkuit Nurburgring, Jerman dalam tempo waktu di rentang 7 menit. Sementara untuk settingan suspensi dari mobil ini memiliki karakter yang keras namun memiliki kepresisian yang sangat baik. Hal tersebut juga ditunjang dengan penggunaan Ban Continental ContiSportContact6 dan penggunaan rem buatan brembo yang memberikan grip dan traksi yang luar biasa setiap saat.

Harga

Mobil ini dibanderol dengan harga 995 juta (OTR DKI Jakarta) dan bersaing langsung dengan Mercedes Benz A45, BMW M2 dan Audi RS3. Secara harga, mobil ini mempunyai harga yang cukup bersaing di kelas Low-entry Sports Car.

Kesimpulan

Well, Good Job For Honda! Mobil ini memang bukan sebuah mobil mewah dan tidak akan layak jika anda memikirkan logika anda. Tapi, jika anda mempunyai rasa emosional yang kuat serta mempunyai adrenalin berlebih, maka Honda Civic Type R adalah jawaban terbaik untuk saat ini. Bahkan kami sangat tersenyum dengan mobil ini karena ia merupakan pilihan yang paling tepat untuk merasakan bagaimana sensasi balap terbaik dengan sebuah mobil harian.

About Reyhan Apriathama 111 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.