First Impression : Mercedes Benz AMG GT-R

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

2017 merupakan tahun yang spesial, dimana rumah modifikasi resmi Mercedes Benz dari wilayah Affalterbach, Jerman berulang tahun yang ke 50. Sebagai ucapan spesial kepada konsumen maupun pecinta AMG di Dunia, Mercedes Benz meluncurkan AMG GT-R sebagai varian atas dari Mercedes Benz AMG GT-S ini. Ingin tahu selengkapnya? Yuk kita simak!

Desain Eksterior

Click Download to save this image
Desain bagian depan dari mobil ini, bagi orang awam sama seperti AMG GT-S pada umumnya, namun mobil ini memiliki perbedaan yang spesifik namun mobil ini memiliki perawakan yang lebih berotot dibanding AMG GT-S

Dari segi bentuk, tidak ada perbedaan antara AMG GT-S dan GT-R, mereka sama-sama memiliki desain yang cantik nan agresif. Namun, jika dilihat semakin dekat, maka AMG GT-R terlihat lebih berotot dan berkarakter dari depan. Lihat saja, Grill yang memiliki garis vertikal dan horizontal yang menyambung dengan warna hitam seakan akan membuat penampilan mobil ini sangat berotot sekali. Di bagian samping secara tidak kasat mata ada perbedaan lebar yang dimana AMG GT-R memiliki kelebaran 6 mm lebih lebar dibanding AMG GT-S biasa. Pada bagian kaki kaki juga mobil ini menggunakan Ban dan velg dengan profil 275/35/R 19 di bagian depan dan 325/30/R20 di bagian roda belakang.

 

 

 

Click Download to save this image
Buritan pada bagian belakang dari AMG GT-R terlihat sangat seksi dan indah untuk dilihat

Ban dari AMG GT-R ini menggunakan Michelin Pilot Sport Cup 2 dengan traksi AA dengan grip yang sangat memuaskan. Saat menoleh ke belakang terlihat spoiler yang besar dan tinggi untuk memberi down force yang baik untuk sebuah Supercar murni. Dan yang menjadi pusat perhatian kami adalah keindahan dari diffuser bawah yang berjumlah tiga buah dan memberikan suara yang pastinya aduhai. Secara keseluruhan, Mobil ini bak sebuah mobil sport yang hanya dapat digunakan di sirkuit semata, Tetapi Mercedes Benz mengklaim bahwa mobil ini masih legal jika digunakan di jalan raya.

Click Download to save this image
Ban dari Michelin Pilot Sport Cup 2 memberikan traksi dan grip yang melimpah dan luar biasa

Desain Interior

Click Download to save this image
Desain interior tetap sama, namun jahitan kuning dan material berkualitras tinggi memadukan kemewahan dan rasa sporty di AMG GT-R

Sebenarnya menurut kami tidak ada perbedaan yang spesifik dari segi tata ruang dan letak, tapi yang kami sukai adalah betapa mewahnya bahan bludru alcantara dan nappa dengan sentuhan jahitan kuning di setiap sudut. Jahitannya pun sangat rapi dan mewah serta berhasil menggabungkan kemewahan dan rasa adrenalin berlebih. Tidak hanya itu, material karbon di interior juga memberikan kesan sporti dan powerfull di dalam mobil ini. Rasanya ingin kami bawa di trek nurburgring atau laguna seca sekalipun. Posisi mengemudi nya sangat moderat dan mampu mendekap tubuh dengan baik. Secara keseluruhan tidak ada kontrol yang berbeda dari varian GT-S selain pengaturan kontrol traksi di bagian tengah dibawah instrumen digital dari mobil ini. Untuk menunjang kemewahan dan rasa sporty dari mobil ini, Audio juga tidak luput dari perhatian Mercedes Benz karena mobil ini sudah dilengkapi oleh Audio dari Burmester, walaupun jika saya berpikir saya tidak akan menyalakan audio nya demi merasakan dentuman mesin V8 dengan biturbo nya.

Performa Mesin

Click Download to save this image
Mesin 4.000 cc V8 dengan tenaga 585 Hp dan Torsi 700 Nm dibuat dari insinyur langsung Mercedes Benz dan mampu dipacu lebih dari 300 Km/Jam tanpa limiter

 

 

Mercedes Benz AMG GT-R memiliki mesin V8 Bi Turbo dengan tenaga 585 Hp dan Torsi 700 Nm. Besaran tenaga tersebut lebih besar 63 Hp dan 70 Nm lebih besar dibanding AMG GT-S. Mesin tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan. Besaran tenaga dan torsi tersebut mampu melecutkan AMG GT-R dari 0 ke 100 Km/jam dalam tempo waktu 3,6 detik yang dimana torehan tersebut lebih cepat dibanding AMG GT-S. Dan mesin tersebut sangat spesial dimana mesin tersebut dikerjakan secara handmade melalu tangan-tangan insinyur hebat dari Mercedes Benz.

Harga dan Memiliki

Mercedes Benz AMG GT-R dibanderol dengan harga 5,590 Milyar OFR DKI Jakarta dan dalam keadaan OTR mobil ini dibanderol di rentang harga 6 milyar. Harga tersebut sudah termasuk paket servis tiga tahun tanpa batas kilometer. Sementara untuk biaya asuransi, Konsumen harus menganggarkan sekiranya 120 Juta dengan asumsi biaya asuransi sebanyak dua persen dari harga jual mobil.

Kesimpulan

Memang desain dari grill nya yang agresif buat kami bukan selera banyak orang, bahkan kami lebih suka grill AMG GT-S sebelum facelift, tapi untuk kami sebuah AMG GT-R tidak hanya sebuah mobil yang memacu adrenalin saja, tetapi ia juga bak sebuah Mobil mewah dengan keeksotisannya serta rasa mewah penuh emosional. Belum lagi mobil ini juga masih diizinkan untuk berada di Jalan Raya

About Reyhan Apriathama 111 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.