First Impression : All New Honda Civic Turbo

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Honda Civic menjadi pesaing kuat Toyota Corolla Altis disegmen sedan medium. Ubahan yang dilakukan pada Altis di medio 2014 lalu membuat pamor Civic menjadi turun. Ubahan minor yang dilakukan Honda di medio 2015 lalu hanya menyentuh desain grill, velg dan audionya saja. Maka dari itu, untuk menggempur Altis dan pemain-pemain lain di kelas medium sedan, Honda pun meluncurkan All New Civic Turbo. Seberapa menarikkah? Lets check it out!

Eksterior

Honda Civic Turbo 2016 Indonesia

All New Civic Turbo memiliki desain eksterior yang cukup berbeda ketimbang pendahulunya. Desainnya menjadi jauh lebih sporty dan segar. Di bagian depan, desain Solid Wing Face khas Honda hadir di Civic Turbo ini. Garis chrome digrill yang menembus ke headlamp bagian atas membuatnya terlihat menyatu. Headlampnya sudah memiliki LED DRL namun, belum ada projector.

Bilah tebal di grill bagian bawah yang berwarna hitam juga menyatu dengan headlamp. Kalau diperhatikan lebih lanjut, airdam Civic Turbo ini sepintas mirip Altis. Ah sudahlah mungkin hanya kebetulan. Di atas foglamp, ada sebuah list memanjang yang mengikuti lekukan body yang lagi-lagi chrome. Disamping foglamp juga terdapat kisi udara yang menambah unsur sporty.

Beranjak kesamping, aura Civic lama juga hilang. Lekukan-lekukan tajam membuatnya tampil agresif dan berjiwa muda. Desain spionnya juga cukup futuristik. Oh iya, penempatan lampu sein sampingnya bukan di spion. Namun, ada di fender. Mirip dengan Toyota 86 dan Subaru BRZ. Velgnya sudah memiliki kombinasi warna two tone yang berdesain futuristik dengan profil ban 215/50 R17 bermerek Yokohama. Satu hal yang cukup mengganggu bagi saya adalah penggunaan door handle dan spion yang lagi-lagi, berlapis chrome.

Honda Civic Turbo 2016 Indonesia Belakang

Lalu mari kita beranjak ke belakang. All New Civic Turbo memiliki desain belakang yang menurut saya cukup seksi. Desain lampu belakangnya terbilang cukup futursitik dengan reflektor mungil di bagasi. Di sebelah reflektor bagasi, terdapat sebuah lengkungan yang berbentuk mirip ductail. Bagasinya memiliki lekukan-lekukan tak lazim yang membuatnya terlihat agresif dan futuristik. Dibumper belakang tersedia reflektor yang bersanding dengan cover ala lubang udara berdesain atraktif.

Dual muffler pun turut disematkan di Civic Turbo ini. Oh iya, seluruh aksen bodykit yang menempel di body All New Civic Turbo ini hanyalah aksesoris Modulo semata. Jadi, Civic Turbo spek Indonesia ini bisa dibilang sama persis dengan Civic Turbo di negara lain.

Interior

Honda Civic Turbo 2016 Indonesia Interior

Beranjak ke kabin Civic Turbo ini, maka yang anda dapatkan adalah kesan futuristik dan modern. Desain dasbornya bisa dibilang mirip-mirip dengan mobil-mobil Honda lainnya. Audio touchscreen berlayar cukup besar membuat aura modernnya semakin kental. Setir, tuas transmisi dan joknya sudah dilapis kulit. Tombol pengatur ACnya sepintas mirip CR-V minor change 2012. Sayangnya, di dekat tuas transmisi, ada beberapa slot kosong.

Kualitas dasbor yang digunakan Civic Turbo lebih baik ketimbang pendahulunya yang full plastik. Di beberapa bagian, ada panel-panel yang berbahan soft touch yang mengundang kesan mewah. Finishingnya juga rapi. Walau begitu, di beberapa bagian, tetap saja masih ada plastik. Doortrimnya memiliki kombinasi beberapa bahan. Mulai dari plastik, kulit dan fabric. Overall, kombinasi doortrim yang diberikan Honda ini bagus juga. Good job Honda!

Honda Civic Turbo 2016 Indonesia Door Trim

Akomodasi

Akomodasi Civic Turbo terbilang cukup lapang di kelasnya. Headroom dan legroom besar tersaji di depan dan di belakang. Khusus untuk penumpang belakang, Honda memberikan AC double blower yang diletakan dibagian belakang glove box. Armrest juga tersedia untuk penumpang belakang. Untuk bagasi, Civic Turbo juga terhitung besar dikelasnya.

Mesin

Honda Civic Turbo 2016 Indonesia VTEC

Nah, ini dia bagian yang paling ditunggu-tunggu. Unit 1.800 cc dan 2.000 cc yang masing-masing bertenaga 141 hp dan 155 hp digeser dengan unit 1.500 cc dengan turbocharger. Terdengar kecil? Tunggu dulu, jangan remehkan kemampuan mesin kecil ini. Tenaga Civic Turbo mencapai 173 hp dan torsi 22.4 kgm! Wow! Tenaganya meningkat 18 hp dari varian bermesin 2.000 cc walau kapasitasnya 500 cc lebih kecil.

Mesin bertenaga besar ini dipasangkan dengan transmisi otomatis CVT 7 speed yang memiliki mode manual yang dapat diakses melalu paddle shift. Kombinasi mesin dan transmisi ini mungkin akan membuat para speed lovers sedikit kecewa. Karena apa? CVT memiliki pengendaraan yang lebih halus saat dipakai berkendara. Walau begitu, penggunaan CVT bisa – bisa membuat mobil menjadi berkesan lemot saat diajak berakselerasi. Walau mungkin akan membuat konsumsi BBM-nya lebih hemat.

Fitur

Honda Civic Turbo 2016 Indonesia Dasbor

Sebagai penutup, mari kita membahas fitur-fitur yang dimiliki Civic Turbo. Soal fitur, jangan remehkan Civic Turbo. Civic memiliki fitur Keyless Entry dengan Push Start Stop Engine button, remote engine start yang akan menghidupkan mobil lewat kunci, rem parkir elektrik, cruise control, audio steering switch, mode eco, AC digital, kursi pengemudi elektrik 8 way, auto light dan auto wiper.

Lalu di fitur keselamatan, Civic Turbo memiliki fitur Auto Brake Hold, 6 Airbags, VSA, Hill Start Assist, ABS + EBD, Brake Override System, dan Emergency Stop Signal seperti milik All New Innova yang akan menghidupkan hazard saat melakukan pengereman dalam kondisi darurat.

Difitur multimedia, Civic Turbo memiliki headunit touchscreen berukuran 7 inci yang berbasis OS Android. Headunit ini memiliki fitur MirrorLink, Bluetooth, port HDMI dan USB. Headunitnya memiliki tombol-tombol yang berfitur layar sentuh dan berdesain rata dasbor alias terintergrasi, tidak “audio floating” seperti Jazz, City dan HR-V.

Sama seperti Honda lainnya, Civic Turbo juga memiliki pilihan paket cermat. Mulai dari paket cermat 1 yang menawarkan perawatan berkala 3 tahun atau 50.000 km sebesar Rp 5.6 juta, cermat 2 untuk perawatan 6 tahun atau 100.000 km sebesar Rp 15.3 juta atau Cermat 3 dan 4 yang sama seperti cermat 1 dan 2 ditambah 2 tahun garansi ekstra dengan menambah Rp 8 juta dari harga cermat 1 atau cermat 2.

Yap, harga yang harus di tebus memang cukup mahal, yakni Rp 475 juta. Namun, dengan harga segitu, anda bisa mendapatkan sedan medium berdesain sporty dan fresh, berfitur lengkap, mesin bertenaga, dan fun to drive pastinya. Overall, bagi saya Civic Turbo ini sudah mendekati kata sempurna untuk sedan medium. Namun, chrome yang diberikan Honda masih agak kelebihan. Sisanya? Benar-benar sempurna bagi saya. Oh iya, meski terlihat sama persis dengan Civic Turbo di Thailand, namun ternyata mereka memiliki sedikit perbedaan. Apa sajakah itu? Stay tune terus ya di AutoPlusID.com!

About Hanif Mulia Ramadhan 90 Articles
Seorang remaja tanggung yang sangat menyukai dunia otomotif sejak kecil dan bercita cita ingin menjadi desainer mobil. Sangat suka dengan mobil - mobil jdm yang sporty dan american muscle yang gagah.