First Impression : Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate CKD

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Saat ini Pajero Sport Dakar merupakan perpaduan pas mobil SUV sasis tangga terbaik dikelasnya dengan performa yang mengagumkan serta fitur yang lengkap, namun ternyata Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia memberikan sentuhan yang cukup banyak untuk Pajero Sport karya anak bangsa alias CKD.

pajero dakar ultiwet

Pajero Sport sampai saat ini menjadi penyumbang devisa terbesar Mitsubishi selain Produk LCV dan Fuso sehingga Mitsubishi tidak mau membuang momentum ini, belum lagi Pajero Sport menjadi nyawa dan taruhan untuk kendaraan Mitsubishi saat kehadirannya pertama kali di tanah Air. Proses perakitan CKD Pajero Sport desas-desusnya sudah lama bahkan permintaan yang sangat tinggi dahulu membuat Mitsubishi ingin merakit mobil ini secara CKD agar dapat memberikan harga yang lebih kompetitif dipasar.

Beberapa hari silam Mitsubishi juga meresmikan pabrik terbarunya di Cikarang, Kab. Bekasi, Jawa Barat sebagai pabrik dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate. Tapi lain hal, ekspektasi tidak sesuai dengan realita karena ternyata buatan lokal saja harganya menembus batas psikologis yaitu hampir 549 juta OTR. Mahal?  Ya, bahkan lebih mahal 104 juta dibanding rivalnya dengan fitur yang setara dan lebih mahal 45 juta dengan versi Dakar biasa dengan fitur sunroof yang dianggap sebagai Handicap kemewahan.

Hanya emblem Ultimate dan Spoiler sebagai pembeda inti
Hanya emblem Ultimate dan Spoiler sebagai pembeda inti

Impresi pertama melihat mobil ini dari luar tidak ada perbedaan sama sekali kecuali spoiler belakang yang sering dibeli customer versi CBU atau bahkan sebagai bonus karena bagian belakang mobil ini karena dirasa tidak proporsional untuk sebagian konsumen sehingga mereka menggunakan rear roof spoiler. Selain itu, terdapat emblem Ultimate dibagian belakang dan dibagian atap ialah absennya sunroof sehingga kami berharap ada perbaikan untuk headroom nya.

Interior warna beige dan rear roof monitor sebagai pembeda antara varian CBU dan CKD
Interior warna beige dan rear roof monitor sebagai pembeda antara varian CBU dan CKD

Ketika masuk ke bagian interior ekspektasi kami tidak sesuai dengan harapan. Mengapa? Karena desain interior mobil ini terkesan lebih murahan dibanding versi Dakar CBU dengan penyematan warna terang yang kami kurang suka karena mudah kotor dan tren warna ini sudah tidak mengikuti zaman, namun anggapan tersebut kembali ke masalah selera konsumen, namun kami suka jika mobil ini interiornya full black sehingga ada rasa mewah untuk mobil ini. Di bagian panel instrumen ternyata mobil ini juga sudah minim dengan slot kosong sehingga diharapkan mobil ini kaya akan fitur keamanan.

Di bagian belakang perbedaan yang sangat terasa ialah hadirnya layar monitor 9 inci yang penggunaannya terpisah dengan audio bagian depan dan layar monitor ini sangat membantu ketika melakukan perjalanan jauh. Namun, untuk akomodasi ternyata tidak ada perubahan yang signifikan.

Namun, kekecewaan kami hilang saat melihat fitur keselamatan yang diusungnya, ia memiliki fitur keselamatan yang sama namun ditambah oleh airbag samping dan tirai, sensor ultrasonik, pendeteksi radar depan, lane departure warning dan cruise control adaptif yang satu-satunya dikelasnya. Sehingga kami menilai walaupun fitur kenyamanan dan kemewahan dikorbankan demi keselamatan para penumpang Pajero Sport.

Kami menyimpulkan bahwa sebenarnya kami cukup suka dengan mobil ini dengan fitur yang diusungnya,namun Mitsubishi seharusnya memberikan harga yang lebih kompetitif untuk mobil ini karena kami melihat Mitsubishi mengambil margin yang terlalu tinggi untuk Pajero CKD ini yang seharusnya memiliki perbedaan harga semahal-mahalnya 20 juta dari varian Dakar CBU. Namun, kami justru berpikir inilah Pajero Sport yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan di inginkan oleh masyarakat.

About Reyhan Apriathama 153 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.