First Impression : Suzuki Karimun Wagon R Minor Change

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Pertempuran di kelas LCGC yang semakin memanas membuat para pabrikan tak tinggal diam. Munculnya refreshment pada kontestan lain membuat Karimun Wagon R tak tinggal diam begitu saja. Meski begitu, status yang diusungnya hanya sekedar minor change belaka. Bahkan saking minornya, Suzuki pun tidak membeberkan peluncuran nya. Lantas, bagaimana impresi pertama kami tentang Karimun minor change ini?

Desain Eksterior

IMG_20170412_142833-1280x720

Eksterior Karimun Wagon R ini masih sama saja kalau dilihat sepintas. Namun, perhatikan baik – baik. Di depan, yang paling jelas terlihat adalah logo garuda kini dipindahkan ke belakang dan diganti dengan logo Suzuki. Untuk mereka yang memiliki gengsi sendiri tentang logo, tentu ini bisa jadi hal yang krusial. Sisanya masih sama termasuk lampu besarnya yang memiliki embel – embel “Blue Eyes”. Kebetulan unit yang kami jumpai ini adalah varian GL. Makanya grillnya belum berlapis chrome dan belum memiliki foglamp. Oh iya, varian GX juga sudah di discontinued oleh Suzuki.

IMG_20170412_142847

Disamping, Karimun MC (minor change) memiliki perbedaan di velgnya yang kini mempunyai motif bintang yang diperbaharui. Sayangnya, ukuran ban nya masih sama persis seperti sebelumnya. Masih 145/80 R13 yang otomatis membuat tampilannya menjadi terlihat cingkrang. Apalagi overhang belakangnya juga pendek. Dibelakang, ubahan yang dilakukan Suzuki hanya pada logo garuda yang tadinya didepan sekarang dipindahkan kebelakang.

Desain Interior

IMG_20170412_143236_HDR-1280x720

Interior Karimun MC masih sama saja. Namun, ada satu ubahan yang membuat penampilan dashboardnya menjadi lebih rapi dan menawan. Yap, aplikasi headunit terintergrasi dengan dashboard membuat tampilannya menjadi lebih rapi dan modern juga. Head unit ini memiliki fitur yang mirip – mirip dengan varian non minor change. Namun satu hal yang disayangkan adalah belum hadirnya fitur spion elektrik disini. Namun ada satu hal yang membuat kami tersenyum. Yaitu kualitas materialnya.

IMG_20170412_143736-1280x720

Kualitas material interiornya bisa dibilang sangat baik. Memang, di dominasi plastik keras, namun plastiknya terasa kokoh, tidak goyang dan finishing nya rapi.

Akomodasi

IMG_20170412_143222

Dengan dimensi hanya 3.600 x 1.475 x 1.700 (PxLxT), Karimun Wagon R memiliki kelegaan ruang kabin yang cukup. Saat duduk di kursi pengemudinya, kepala kru kami yang berpostur 170-174 cm masih tertopang dengan cukup baik, tidak seperti LCGC lainnya. Posisi duduk yang disuguhkannya juga cukup tinggi namun tetap enak walau belum ada tilt steering. Set seperti ini malah membuatnya memiliki visibilitas yang baik walau bagi kami dashboardnya terlalu panjang modelnya.

IMG_20170412_143926-1280x720

Beralih kebelakang, ruang yang disuguhkannya juga masih oke. Kru kami yang memiliki postur 170-174 cm masih memiliki headroom yang lega meskipun legroom biasa saja. Untuk bagasinya sendiri juga bisa dibilang memadai. Tidak sekecil Brio namun belum sebesar milik Agya-Ayla. Kira – kira, 11:12 dengan milik Datsun Go.

Kepraktisan

IMG_20170412_143027-1280x720

Karimun MC ini memiliki kepraktisan yang sangat baik. Storagenya tersedia di depan tuas transmisi, dibagian belakang tuas rem tangan, dan di bagian belakang tuas transmisi sendiri ada penyimpanan yang unik dan berfungsi sebagai tempat koin. Selain itu, di doortrim depan kiri dan kanan juga ada cup holder. Sayang, di doortrim belakangnya tidak tersedia ruang penyimpangan apapun.

Untuk glove boxnya, terbilang cukup kecil. Namun, masih cukuplah untuk menaruh barang – barang kecil seperti gadget dan kacamata. Untuk varian ini pun belum dilengkapi ruang penyimpanan rahasia di bawah jok depan.

Fitur

IMG_20170412_143014

Fitur – fitur yang dimiliki Karimun GL ini biasa saja. Maklum, ini adalah varian menengah. Namun beberapa fitur vital masih ada disini. Immobilizer, Airbag di pengemudi, gear shift indicator, audio 2 DIN, MID, dan power window bagi pengemudi dan penumpang depan sudah tersedia. Untuk penumpang belakang hanya memiliki window by power saja (engkol). Toh, lagipula seberapa sering kita membuka jendela belakang?

Mesin

IMG_20170412_144226-1600x900

Karimun MC masih mengandalkan mesin lamanya. Berkode K10B, mesin 998 cc 3 silinder ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 68 hp dan torsi 90 nm yang disalurkan oleh transmisi manual 5 speed ke roda depan. Mesin ini bisa dibilang lebih dari cukup untuk penggunaan dalam kota dan memiliki konsumsi bbm yang irit pula pastinya.

Harga

Harga Karimun Wagon R GL manual ini dilego sekitar Rp 118.500.000. Bisa dibilang, ia memiliki value for money yang cukup baik jika anda mengincar LCGC yang irit, performa lebih dari cukup untuk penggunaan dalam kotaa, fitur cukup dan akomodasi cukup. Namun sayangnya, ada beberapa hal yang perlu dibenahi Suzuki. Seharusnya Suzuki membenahi ukuran ban nya agar terlihat lebih proporsional dan Suzuki juga seharusnya menyematkan fitur electric mirror mulai varian GL agar lebih praktis lagi. Sekian first impression dari kami, nantikan artikel lainnya hanya di AutoPlusID.Com!

We like it :
– Built quality oke
– Headroom lega
– Visibilitas baik
– Mesin irit dan lebih dari cukup untuk penggunaan dalkot
– Praktis
– Value for money

We hate it :
– Ukuran ban kurang proporsional
– Belum ada foglamp dan spion elektrik
– Legroom biasa saja
– Bagasi biasa saja

About Hanif Mulia Ramadhan 90 Articles
Seorang remaja tanggung yang sangat menyukai dunia otomotif sejak kecil dan bercita cita ingin menjadi desainer mobil. Sangat suka dengan mobil - mobil jdm yang sporty dan american muscle yang gagah.