First Impression : VW Tiguan Mk II

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

VW Tiguan merupakan satu-satunya produk yang diluncurkan oleh VW Indonesia di Tahun 2017. Mobil yang sudah hadir sejak 2016 silam sudah kian dewasa dan berpenampilan makin berkarakter. Mobil yang sebangun dengan VW Golf ini juga merupakan pilihan yang cukup menarik dikelasnya, lantas bagaimana impresinya seperti apa? Mari kita simak!

Desain Eksterior

Click Download to save this image
Walaupun dengan garis tegas yang agak kaku, kami justru menyukai desain Tiguan baru ini.

VW Tiguan generasi kedua ini memiliki perbedaan dimensi kurang lebih 54 mm lebih panjang dibanding generasi sebelumnya. Mobil yang juga menggunakan basis dari VW MQB ini mempunyai desain yang semakin dewasa, elegan dan kian ikonik. Dibagian depan terdapat grill yang besar dan kekar berbentuk mengotak yang memberikan karakter sangat kuat di mobil ini. Pada bagian samping, mobil ini memiliki kesan yang cukup mengotak dengan karakter yang sedikit mengkurva, sehingga mempertegas karakter dari Tiguan ini. Secara keseluruhan walaupun desainnya lebih mengotak, namun kami sangat suka dengan karakter desain dari Tiguan Mk2 ini. Ia kian dewasa dan membuat mobil ini menjadi sangat bagus.

Desain Interior

Click Download to save this image
Desain interior simpel tapi mewah

Desain interior dari mobil ini mirip seperti VW Golf MK 7,5 ia mewah dengan material empuk didepan dengan kelir hitam yang berkelas dan semua pengaturan kendaraan tersedia di bagian tengah dari intrumen. Sayangnya, di varian indonesia tidak tersedia instrument full digital. Namun, kami melihat bahwa slot kosong pengaturan juga minim dan mobil ini sudah dilengkapi oleh parking assist namun tidak secara penuh. Posisi mengemudinya seperti VW Golf namun cenderung tinggi dan enak untuk diduduki. Di bagian belakang akomodasi mobil ini sangat memadai, hanya saja colokan listrik 200 watt absen di generasi kedua tiguan ini. Kabinnya cukup lapang. Secara interior dan fitur di Tiguan MKII ini melompat sangat jauh bahkan kami bisa bilang mobil ini dapat diadu dengan GLA, X1 dan Audi Q3 sekalipun.

Performa Mesin dan Fitur Keselamatan

VW Tiguan MKII ini dibekali mesin yang sama dengan VW Golf MK7 yaitu, 1.400 cc empat silinder dengan tenaga 150 Hp dan torsi 250 Nm sejak putaran 1.500 rpm. Mesin tersebut disalurkan ke roda depan dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan yang sudah dilengkapi oleh Paddle Shift. Untuk fitur keselamatan aktif mobil ini juga sangat lengkap karena mobil ini memiliki sensor Pre-Colision Warning, Kontrol Traksi, Tujuh Airbag dan Cruise control yang dapat menjadi limiter kecepatan mobil. Saat kami mencoba mobil dalam trek yang kurang memadai, terasa jika mobil ini memiliki tenaga mesin yang cukup untuk sebuah mobil SUV Premium harian walaupun karakter suspensi nya agak kaku, tetapi karakter tersebut membuat mobil ini tetap stabil dan cukup nyaman.

Harga

Mobil ini dibanderol dengan harga 650 Jt OTR DKI Jakarta. Harga tersebut sudah termasuk servis gratis selama setahun atau 10 ribu KM. Harga tersebut tergolong cukup tinggi mengingat pajak dan Tiguan yang masih diimpor secara utuh dari Jerman.

Kesimpulan

Jika anda melihat mobil ini bersaing dengan CR-V, CX5 dan Koleos maka mobil ini adalah yang termahal dikelas SUV, tapi jika anda melihat mobil ini bersaing dengan GLA, X1 dan Audi Q3 maka mobil ini adalah yang termurah dengan kualitas yang berani diadu. Mobil ini secara keseluruhan melompat sangat jauh dari generasi sebelumnya, ia lebih lapang, lebih mewah dan lebih maskulin, hanya saja desain VW yang mengotak dan agak kaku akan sedikit menghalangi keputusan pembelian konsumen. Tapi, jika anda butuh mobil dengan value for money yang terbaik, ini merupakan salah satu pilihan terbaik.

About Hanif Mulia Ramadhan 89 Articles
Seorang remaja tanggung yang sangat menyukai dunia otomotif sejak kecil dan bercita cita ingin menjadi desainer mobil. Sangat suka dengan mobil - mobil jdm yang sporty dan american muscle yang gagah.