GIIAS 2016 : All New Kia Sportage, Sang Beauty And The Beast

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Kia Sportage merupakan salah satu pemain kuat di segmen medium SUV. Daya tarik terbesarnya ada disektor desain dan fitur. Meskipun ia menyandang status sebagai mobil Korea yang memiliki kembaran bernama Hyundai Tucson, hal itu tak membuatnya menjadi under estimate. Sportage bertarung dikelas Medium SUV yang diisi oleh Mitsubishi Outlander Sport, Mazda CX-5, Honda CRV, dan tentunya Hyundai Tucson. Nah, berhubung Tucson telah berganti generasi, maka Sportage juga tak mau ketinggalan dan berhubung generasi terbaru Sportage dipajang di GIIAS 2016, yuk kita ulas lebih lanjut apa yang menjadi pembeda dengan Sportage lawas!

Eksterior

image

Sepertinya kita harus banyak berterima kasih kepada Kia karena telah merekrut Peter Schreyer karena desainnya benar – benar keren. Sentuhan bahasa desain grill Tiger Nose dan headlamp sipit yang tampak agresif membuatnya tampil sporty. Dua buah lekukan yang cukup tajam dikap mesin membuatnya terlihat kokoh. Lekukan bumper jika dari depan terlihat chubby dan menguatkan kesan elegan. Sisanya, bisa dibilang standar – standar saja.

image

Dilihat dari samping, gurat desain atap yang melandai dan lekukan pilar D yang khas membuatnya terlihat deja vu dengan Sportage lama. Namun, Kia mampu membuatnya terlihat lebih segar dengan memberikan beberapa panel – panel body baru. Disini, kita tidak akan menemukan lekukan tajam khas mobil Jepang. Yang ada justru lakukan body membulat dan garis body minimalis yang membuatnya terasa seperti mobil – mobil Eropa.

Beralih kebelakang, sepertinya ini akan mengundang perdebatan, sama seperti Sportage lawas. Meski begitu, kami akui, desain Sportage ini tetap terlihat sempurna meski kelemahan khas Sportage dengan atap yang terlalu menukik kebawah tetap ada. Desain stoplamp horizontal terlihat cantik dan reflektor yang menyambungkan stoplamp kiri dan kanannya itu sepintas mengingatkan kita kepada Honda moBilio Rasa Suv (BR-V). Namun yang ini jelas lebih enak dilihat. Khusus varian GT Ultimate akan mendapatkan projector headlamp, aksen silver di bumper, DRL, pelek 19 inci dan lain-lain.

Interior

image

Desain interior Sportage baru terlihat jauh lebih modern dari Sportage lawas. Karena ini varian termurah, bukan berarti ia tampil murahan. Buktinya, anda sudah mendapatkan steering switch control, MID, audio 2 DIN dan masih banyak yang lainnya. Khusus varian GT, interiornya dilabur warna full black dengan bahan jok fabric. Sedangkan varian GT Ultimate, mendapatkan kombinasi warna hitam-beige dengan jok kulit.

Di varian GT Ultimate, anda akan mendapatkan jok kulit, panoramic sunroof, power tailgate, speaker JBL, jok elektrik untuk sopir dan penumpang depan dan beberapa fitur lainnya. Namun, kami menyayangkan hilangnya fitur navigasi dan internet pada Sportage baru ini. Padahal, pada generasi sebelumnya, fitur ini menjadi andalannya.

Verdict
Kami bingung untuk mendeskripsikan bagaimana desain eksterior All New Sportage ini. Ia tampil keren, sporty, elegan, sangar tanpa kehilangan ciri khas dari SUV yang macho. Keindahan desain itu juga berlanjut ke interiornya yang lebih modern dan mewah meskipun di varian terendah sekalipun. Sayangnya, ia masih memakai mesin lama yang berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga yang biasa saja sih. Hanya 158 hp. Beberapa fitur unggulan Sportage juga hilang, yang paling mencolok adalah headunit touchscreen dengan navigasi dan internet. Namun, Kia kembali membalasnya dengan audio berteknologi JBL. Lalu, berapa harganya? Untuk Sportage standar dilego Rp 340 jutaan, GT Rp 395 jutaan, GT Ultimate Rp 425 juta.

Kami merasa banderol yang diberikan Kia masih sangat kompetitif dan sangat value for money karena tidak sia – sia mengeluarkan uang 400 juta lebih untuk mendapatkan varian termahalnya yang sangat keren dan cantik. Namun, tidak ada yang sempurna, begitulah kehidupan. All New Kia Sportage juga tetap mobil biasa yang tidak sempurna. Walau jujur, kami sedikit sulit menemukan kekurangannya. Jadi, apakah Sportage anyar ini akan mewarisi tahta pendahulunya sebagai Medium SUV tercantik? Nantikan liputan – liputan mengenai mobil baru lainnya di GIIAS 2016 hanya di AutoPlusID.com, dan jangan lupa subscribe channel youtube Auto Plus Indonesia dan selamat menonton video review BMW 435i Part 2!

All New Kia Sportage
(+) Desain menawan, interior mewah, fitur lengkap, value for money
(-) Mesin sama seperti pendahulunya, absennya fitur touchscreen, navigasi dan internet pada audio

About Hanif Mulia Ramadhan 89 Articles
Seorang remaja tanggung yang sangat menyukai dunia otomotif sejak kecil dan bercita cita ingin menjadi desainer mobil. Sangat suka dengan mobil - mobil jdm yang sporty dan american muscle yang gagah.