Ini Dia 25 Mobil Baru Yang Akan Launch 2017!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Tak terasa, tahun 2016 akan segera berakhir. Kita sudah melihat banyak kelahiran mobil baru, maupun kematian mobil yang sudah tidak diminati konsumen. Tahun depan akan menarik karena beragm produsen akan meluncurkan mobil gacoannya masing-masing. Apa sajakah itu? Tanpa basa-basi, simak saja yang berikut ini.

Audi A5

Dynamic photo, Colour: Florett Silver

Sepertinya serangan yang dilakukan oleh Mercedes Benz C-Class coupe dan BMW 4-series yang melakukan ubahan membuat Audi terpacu untuk segera mengeluarkan generasi kedua Audi A5 ini. Mobil yang menggunakan platform MLB Evolution seperti A4 ini dipastikan akan menggendong mesin yang sama dengan Audi A4 B9 Quattro yang pernah kami tes. Menurut kami mesin tersebut sangatlah potensial hampir seluruh aspek tanpa terkecuali sama sekali. Soal akselerasi sepertinya mobil ini mungkin mampu menandingi 440i yang notabene 6 silinder inline. Jika harga Audi A4 saat ini bertengger di angka Rp 1,2 miliar, maka mobil ini kemungkinan besar bermain di angka Rp 1,35 miliar-an.

Audi Q5

a1610577_large

Mobil yang menjadi SUV-nya Audi A4 sudah keluar generasi kedua nya, mobil ini terlihat mirip Audi Q7 namun diperkecil. Mobil ini dipastikan bersaing dengan Porsche Macan, GLC, dan Evoque yang sudah terlebih dahulu melakukan penyegaran. Dalam beberapa tahun terakhir, mobil ini menjadi mobil yang cukup diminati kaum “The Have” karena mobil ini tergolong sangat nyaman dan desainnya sangat atletis, tidak hanya itu mobil ini juga merupakan salah satu mobil Audi yang nyaman jika menggunakan jasa supir. Untuk mesin, mobil ini masih berbagi platform dengan A5 maupun A4. Mungkin nantinya aka ada perbedaan performa dikarenakan perbedaan bobot dan centre of gravity.

BMW 5-Series

Tak mau kalah dengan kompetitor, BMW segera meluncurkan 5-series G30 tahun depan di Tanah Air. Mobil ini terlihat sangat dinamis di setiap sudutnya dan sangat atletis tanpa ada kekurangan secara desain. Bahkan kami melihat mobil ini lebih modern dibanding rival abadi nya, E-Class yang tergolong konservatif. Kemungkinan besar mobil ini pertama kali masih akan diimpor utuh dari Jerman secara CBU. Versi CKD nya bisa jadi akan muncul sekitar 6 bulan – 8 bulan setelah CBU. Soal nomenklatur, yang berubah hanya 528i menjadi 530i. Artinya, secara teoritis tersedia 520i, 530i, 540i. Untuk versi diesel kami sangat berharap kehadiran mesin 525d seperti yang digunakan oleh BMW X5.

BMW X5 40E Hybrid

x5-40e-5-620_0

Mobil ini sempat dihadirkan pada perhelatan GIIAS 2016 pada Agustus silam. Kehadiran nya menurut kami sangat tepat, terlebih adanya inisiatif dari pemerintah yang akan menginsentifkan pajak untuk mobil ramah lingkungan. Mobil ini akan mengikuti jejak BMW i8 yang sudah dikonfirmasi oleh BMW untuk dijual bebas, terlepas dari pemerintah harus menambah jumlah stasiun pengisian bahan bakar listrik di Tanah Air. Untuk spesifikasi, mobil ini akan seperti X5 pada umumnya, namun dengan imbuhan motor listrik yang tak seperti mobil hybrid pada umumnya, baterainya juga bisa dicas.

BMW i8

bmw-i8-front_3-4th_view

Melihat mobil ini membuat publik sangat terkagum-kagum terlebih karena desainnya yang sangat visioner untuk sebuah BMW yang penuh inovasi. Mobil ini keran indennya pun sudah dibuka sejak GIIAS 2016 silam. Mobil yang dihargai sebesar Rp 3,8 miliar off the road memiliki teknologi yang visioner dan merasa seakan-akan bukan berada di 2016. Mobil ini tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga bertenaga, terlebih ia memiliki performa yang dapat disetarakan seperti BMW M3. Sepertinya tidak salah bila kami menyatakan I adalah ikon yang penuh inovasi.

Chevrolet Trailblazer

2017-chevrolet-trailblazer-front-quarter-facelift-unveiled.jpeg

Setelah vakum dari dunia SUV berbasis ladder frame, kini Chevrolet memutuskan kembali ke persaingan SUV Ladder Frame yang ternyata menjadi ladang emas bagi merek lain, terlebih dualisme rival abadi juga sangat sulit dikalahkan saat ini. Untuk menghadapi rival, Trailblazer kembali dengan mesin terbarunya yaitu Duramax yang bertenaga 180 hp dengan torsi 440 Nm. Selain itu, desainnya menurut kami adalah salah satu yang terlihat berotot dan berkarakter khas SUV dari mamarika. Untuk harga mobil ini dipastikan tidak akan kurang dari Rp 520 jutaan. Karakter berkendaranya jauh lebih baik dibandingkan kompetitornya baik performa maupun pengendalian untuk sebuah SUV ladder frame.

Datsun Go Cross

Bulan Oktober 2015, Datsun merilis foto-foto mobil konsep Go-Cross yang jelas-jelas berbodi Datsun Go+ Panca, namun diperi sentuhan mobil konsep. Pada Agustus 2016, di gelaran GIIAS 2016 Datsun memamerkan mobil konsep ini di boothnya. Diduga mereka akan meluncurkan Go+ dengan sentuhan crossover pada 2017. Selain itu tidak banyak diketahui informasi lainnya tentang mobil ini.

Datsun Go & Go+ minor change

datsun-go-t-active-varian-spesial-lebaran.-dok.-nmi-a.jpg

Berbarengan dengan Go Cross, Datsun lainnya akan segera berbenah menyusul diluncurkannya duo Calya-Sigra. Menurut sumber, Datsun akan menyematkan dual airbag dan ABS di seluruh tipenya. Bukan hanya itu, akan diberikan perubahan pada sektor eksterior dan interior. Namun untuk lebih lengkapnya, Datsun masih tutup mulut.

Honda Civic Hatchback

img_2428

Honda Civic Turbo yang baru saja di luncurkan pada tahun ini mungkin bagi beberapa orang tampangnya masih kurang seksi walau sudah mengadopsi model liftback. Tenang saja, tahun depan, rencananya Honda akan meluncurkan versi hatchback dari Civic Turbo.

Kelengkapannya juga sudah tidak perlu ditanyakan lagi, dari AC digital, head unit canggih hingga lane watch dan wireless charging semua ada. Tentu saja Honda tak berani melakukan prosesi sunatan di daratan Eropa. Bila sampai Indonesia, mungkin mantri sunat HPM akan bekerja cukup keras.

Mesinnya? Ada dua pilihan untuk saat ini, yakni mesin 1.000 cc 127 hp serta mesin 1.500 cc 180 hp. Salah satu dari mesin ini akan digunakan untuk Civic hatchback pasar Indonesia. Hampir dipastikan mobil ini akan berstatus CKD Karawang.

Mazda CX-3

CUV yang diposisikan diantara Mazda 2 dan Mazda CX-5 ini juga mantap untuk dihadirkan di Indonesia demi melawan Honda HR-V, Ford Ecosport dan Chevrolet Trax. Mobil yang telah menganut bahasa desain Kodo Design ini direncanakan akan ditawarkan mesin 1.500 cc seperti Mazda 2 dan 2.000 cc milik CX-5. Untuk fitur, tinggal lihat saja fitur-fitur canggih yang dipunyai Mazda 2, akan dijumpai pada crossover ini. Harganya tentu akan berada di tengah-tengah Mazda 2 dan CX-5, atau tak jauh dari rivalnya Honda HR-V.

Mitsubishi Pajero Sport CKD

All New Pajero Sport segera diproduksi di Indonesia, menyusul selesainya pembangunan pabrik Mitsubishi di Cikarang. Jika anda berpikir Mitsubishi akan menyunat fiturnya setelah versi CKD, maka anda salah besar. Memproduksi Pajero Sport di Cikarang akan menurunkan cost. Supaya harganya tidak turun, bbesar kemungkinannya Mitsubishi akan menambah fitur dari rival berat Fortuner ini. Kabarnya, Pajero Sport akan dibekali dengan 7 airbag, panel kayu yang diganti dengan warna piano black

Mitsubishi XM versi produksi

image

Kabar gembira, di tahun 2017 Mitsubishi akan segera mengusung XM versi produksi sebagaii pesaing berat Honda BR-V. Kami memperkirakan mobil ini akan ditenagai mesin 1.500 cc layaknya kompetitor-kompetitornya.

MPV bergaya crossover ini akan segera diproduksi di pabrik baru PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Bekasi, Jawa Barat serta diproyeksikan sebagai tulang punggung penjualan Mitsubishi Indonesia. Layak ditunggu kehadirannya.

Nissan Kicks

Nissan_Kicks_8-850x567

Mobil yang menggunakan sasis dari Nissan Juke ini sudah tersiar kabarnya sejak lama, dan mobil ini diproyeksikan mengisi dari pasar Nissan Juke yang generasi mendatang sepertinya akan naik kelas. Menurut saya desain dari mobil ini jauh lebih mudah diterima dibandingkan Nissan Juke yang dinilai orang terasa sangat eksentrik. Untuk urusan mesin, mobil ini besar kemungkinannya dipersenjatai mesin HR15DE yang sudah dikenal cukup handal. Walaupun begitu, ternyata Nissan Kicks memiliki overhang yang lebih panjang dibandingkan Nissan Juke.

Nissan All New Serena

2017-nissan-serena-0

Serena adalah satu-satunya MPV Medium berpintu geser yang bertahan cukup lama diantara rival-rivalnya. Nissan Serena berkode C27 ini memiliki desain yang lebih sporti dibandingkan generasi yang lain dan jauh lebih berkarakter dengan desain depan V-Motion yang mengikuti bahasa desain Nissan yang terbaru. Mobil ini masih mengandalkan mesin MR20DD yang sama digunakan pada tipe C26. Menurut kami, mobil ini mesinnya dalam kategori cukup dan lebih enak untuk bersantai ria. Mobil ini juga ditengarai akan bertabur fitur seperti yang ada pada versi JDM.

Nissan X-Trail facelift

2017_nissan_rogue_01-e1473734114446-630x394

Walaupun ia memiliki desain yang cantik nan arogan, sepertinya X-Trail sudah harus bersolek karena walaupun masih berusia muda dan berfitur lengkap, ia sudah terasa usang diantara rival-rivalnya. Alasan yang paling terasa adalah kehadiran saudara jauhnya, Renault Koleos. Mobil ini nantinya, akan mendapatkan perubahan kosmetik yang menurut saya membuat mobil ini lebih arogan dibanding yang saat ini. Diduga kuat sektor mesin tak mengalami perubahan, namun penambahan fiur-fitur krusial akan dilakoni Nissan Indonesia kelak.

Renault Kwid AMT

renault-kwid-2016-1024-04

Renault Kwid yang kita kenal hanya tersedia dalam transmisi manual saja. Namun, tahun depan mobil ini akan memiliki varian transmisi otomatis. Namun, bukan transmisi otomatis biasa karena dia mengadopsi teknologi AMT. Cara kerja AMT adalah menjalankan kopling dengan bantuan hidrolis sehingga mobil ini sama seperti mobil transmisi otomatis lainnya. Fitur ini juga dapat kita temui di smart fortwo, Suzuki Karimun Wagon R AGS, Proton Savvy dan masih banyak yang lainnya.

Suzuki Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga 2016 1

Seperti yang kita lihat di jalanan, populasi Ertiga baru tak lebih banyak dari kompetitornya. Rupanya, APM Suzuki di Indonesia menyadari ini dan mengeluarkan kartu andalannya berupa Ertiga peminum solar. Ertiga Diesel akan menggunakan mesin yang sama dengan Spin Diesel, yaitu 1.3 DDiS berkode D13A racikan Fiat. Oh ya, dieselnya Ertiga juga dilengkapi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Soal harga, Ertiga Diesel tentu akan lebih mahal karena pajak mobil diesel yang nominalnya diatas mesin bensin. Bukan tidak mungkin, para pemgemudi taksi online akan berminat untuk membeli Ertiga Diesel yang iritnya jauh diatas rata-rata, bahkan untuk standar LCGC sekalipun. Sayangnya, Ertiga Diesel kemungkinan tak memiliki pilihan transmisi otomatis.

Suzuki Baleno

galleryex03

Baleno era 2000-an awal adalah sebuah sedan. Tapi, Baleno zaman sekarang adalah sebuah small hatchback. Beberapa dari Anda mungkin sudah melihatnya sendiri di event GIIAS 2016 lalu. Kami sedikit bingung dengan kelas mobil ini, karena Suzuki sendiri sudah punya Swift sebagai gacoannya di kelas small Hatchback. Tahun depan mobil ini akan menemani Ertiga Diesel dan Ignis masuk ke pasaran Indonesia. Mesin yang digunakan akan sama seperti Swift, Ertiga, dan Ciaz yaitu K14B 1.400cc. Atau mungkin saja untuk membedakan dengan Swift, Suzuki Indonesia ‘iseng’ memasukkan mesin BoosterJet. Ya, bisa jadi kan?

Suzuki Ignis

suzuki-ignis-front-827_827x510_71446019962

Suzuki dikabarkan akan merangsek ke kelas city car non-LCGC lagi dengan produk barunya, Ignis. Desain yang unik nan ganteng sudah jelas merupakan senjata utamanya meraih perhaian konsumen. Perlu diketahui, Suzuki sempat gagal dengan Celerio yang diluncurkan tahun lalu. Kehadiran Ignis tentu dapat membawa angin segar bagi Suzuki Indonesia. Harga Rp 150 jutaan akan menjadi titik yang pas bagi city car bermesin 1.200 cc ini.

Toyota Agya/Daihatsu Ayla Facelift

toyota-agya-g-front-view-red

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sudah diluncurkan sejak 2013. Sejak awal kemunculannya, mobil ini memiliki reputasi yang cukup baik walau banyak juga yang tidak terlalu menyukainya. Nah tepat pada tahun depan, Agya-Ayla sudah genap berusia 4 tahun yang berarti mobil ini perlu refreshing agar tetap diminati. Sebab, mobil ini hanya memiliki minor change yang tidak menyentuh desainnya sama sekali.

Prediksi kami, Agya-Ayla pasti akan memiliki fitur keselamatan standar Toyota masa kini. Kalau mau meruntut dari Calya-Sigra, mungkin mobil ini nantinya akan mengadopsi ABS di semua tipe. Beberapa ubahan minor di sektor lainnya juga akan dilakukan. Namun, jika gosip Agya-Ayla akan memakai mesin 1.200 cc itu benar, duo kembar ini akan menggunakan mesin milik Calya-Sigra yang sudah Dual VVT-i.

Toyota C-HR

image

Mobil ini sudah sangat dikenal oleh para petrolhead di Indonesia walau belum diluncurkan disini. Sebabnya karena mobil ini tidak terlihat seperti Toyota biasanya yang bertampang kalem, pelit fitur tanpa mementingkan aspek fun to drive. Tapi coba lihatlah C-HR. Mobil ini desainnya paling agresif dikelasnya, fitur lengkap dan jarak track roda belakang yang lebar demi memperbaiki stabilitas.

Tentunya itu semua tidak terlihat seperti Toyota yang kita kenal kan? Rencananya, tahun depan Toyota Indonesia akan memboyong C-HR kesini dan menurut beberapa sumber, mobil ini akan diproduksi disini alias CKD. Begitu lengkapnya fitur C-HR membuat kami tidak terlalu terkesima karena pasti akan banyak sunatan fitur agar harganya lebih kompetitif. Namun kami berharap fitur seperti VSC sudah menjadi standar. Soal mesin, sepertinya unit 1.500 cc akan menjadi pilihan tepat ketimbang mesin 1.2 turbo dan Hybrid nya.

Toyota Corolla Altis Facelift

2017-toyota-corolla-altis-facelift-4

Kehadiran Honda Civic Turbo membuat Toyota Corolla Altis bersolek akan penampilan eksteriornya agar lebih segar dan mampu memikat calon konsumen di Indonesia. Terlihat bahwa karakter Corolla Altis facelift ini lebih elegan dibandingkan Corolla Altis yang lebih terkesan sangar. Menurut saya tidak hanya akan berubah dari segi penampilan tetapi ada sebagian fitur yang akan ditambah, terutama dari segi keselamatan.

Toyota Kijang Innova Venturer

image

Toyota Kijang Innova yang kita kenal saat ini hanya ada trim varian G, V dan Q. Sebenarnya itu sudah sangat cukup mengingat Innova memiliki pilihan mesin dan transmisi yang tiap varian juga memilikinya. Namun, Toyota ingin memberi pilihan baru bagi masyarakat Indonesia. Varian baru ini bernama Venturer yang diambil dari kata adventure + huruf R. Menilik bocoran brosur yang beredar, varian ini akan diposisikan sebagai top of the line.

Ubahan yang dilakukan di eksteriornya tergolong minim dan hanya menambah aksesoris chrome yang ujung-ujung nya malah jadi agak overchrome. Yang sudah fix adalah mobil ini akan memiliki tujuh buah airbag, VSC, hill start assist dan jok kulit. Rumor yang beredar, Toyota juga akan memperbaiki kualitas transmisi dan turbo agar tidak ada gejala jedug lagi.

Volkswagen Golf TSI Facelift

0701bae254d72904360c8d73718150b3386e2bbc

Golf terkenal bukan hanya modelnya yang ikonik tetapi juga mesinnya yang sangat kencang dan handal. Ternyata untuk pertama kalinya VW melakukan facelift di VW Golf, tidak seperti kebiasaannya yang tidak pernah melakukan facelift dan langsung ganti model. Kali ini, Golf facelift akan mengalami perubahan fascia di bagian eksteriornya. Untuk urusan mesin akan mengalami pengubahan yang signifikan. Mesin 1.400 cc TSI yang sudah ada di dua generasi terakhir ini akan digantikan dengan 1.500 cc TSI dengan tenaga dan torsi yang mirip-mirip dengan 1.400 TSI, namun mesin tersebut akan memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik lagi.

 

Wuling Hong Guang S1

Merek Tiongkok kembali mencoba peruntungan di Indonesia. Setelah Chery dan Geely terseok-seok di pasar otomotif tanah air, kini Wuling yang sebagian dimiliki oleh General Motors dengan pedenya membangun pabrik di Cikarang, Jawa Barat. Produk yang segera mengisi line-up produk Wuling untuk pertama kali adalah LMPV Wuling Hong Guang S1.

Mobil ini maunya sih dipasang dibawah Rp 200 juta, namun kami sedikit pesimistis mengingat lengkapnya fitur Hong Guang. Ada airbag, kamera parkir, koneksi smartphone, AC dual mode bahkan cruise control dan sunroof di tipe teratas. Kami mengendus akan ada prosesi sunatan fitur di mobil ini, jadi jangan berharap banyak soal fitur banding harga mobil yang akan diluncurkan tahun depan ini.

About AutoPlusID 5 Articles
Profile ini ditujukan untuk artikel yang ditulis oleh banyak penulis AutoPlusID atau kolaborasi.
  • Ronald ABY CiSyi

    Minta rekomendasi mobil jenis mpv (with slidding door) yang terbaik antara: Mitsubishi Delica D5, Toyota Estima, Totota Sienna, Kia Grand Sedona, All New Serena, Toyota Nav1, dan Mazda Biante…