Ini Dia Perbedaan Toyota Sienta di Indonesia dan Jepang!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Fuh… Maaf, kami harus mengelap keringat dahulu, karena kami berusaha mengejar-ngejar info terbaru tentang primadona mobil keluarga baru, Sienta. Untuk siapa? Tentunya Anda para pembaca sekalian 🙂

Pada artikel ini, kami akan bahas tentang perbedaan Sienta Indonesia dan JDM punya, selain adanya tipe hybrid atau tidak.

Mari kita simak perbedaannya di bawah ini.

Eksterior

PicsArt_04-07-12.10.21
Atas Sienta JDM, bawah Sienta Indonesia

Di front fascia, Sienta versi Indonesia punya lis krom di upper grille dan di sekeliling gril. Tampangnya tetap keren sih, karena versi Indonesia punya aero kit tambahan di tipe Q. Hero color atau warna ikon? JDM punya warna kuning ‘stabilo’ dan versi Indonesia punya warna merah bata yang menurut Toyota itu adalah warna oranye alias jingga.

Tagline versi Indonesia adalah “Unlock Your Playground”. Sepertinya mobil ini ditujukan untuk keluarga muda yang aktif. Sayangnya, versi Indonesia tidak bisa memilih warna secondary yang ada di antara lampu dan foglamp. Kalau JDM, bisa diganti dengan warna coklat. Mika foglamp juga bisa diganti warnanya di versi JDM.

Front Fascia Sienta Q Indonesia
Front Fascia Sienta Q Indonesia

 

Tebak dulu, bedanya apa?
Tebak dulu, bedanya apa?

Nggak seru nih, bedanya nggak kelihatan. Bedanya satu, ground clearancenya lebih tinggi dibanding versi JDM. Yah, namanya juga Indonesia, jalan seadanya. Dulu saat Freed masuk pasar Indonesia tahun 2009, juga disesuaikan ground clearancenya. Begitu juga pas Toyota Etios Valco dijual di Indonesia, dia juga ditinggikan.

Hayo, bedanya apa?
Hayo, bedanya apa?

Nah, di belakang kita melihat perbedaan yang sudah pasti disematkan kalau suatu mobil masuk pasaran Indonesia. Apa itu?

Sienta JDM license plate garnishnya sewarna bodi. Sienta Indonesia? Chrome untuk tipe atas. Tapi menurut selera saya, chromenya membuat tampilan jadi nggak plain seperti Sienta JDM. Selain itu, emblemnya juga lebih ramai. Kalau JDM, emblem Sienta menyatu dengan license plate garnish. Kalau Sienta Indonesia, emblem Sienta ada di pintu bagasi bagian bawah kiri.

Back end Sienta Indonesia
Back end Sienta Indonesia

Interior

Anak TK juga bisa bedain ini mah :)
Anak TK juga bisa bedain ini mah 🙂

Kelihatan? Nggak? Kalau nggak kelihatan Anda kalah sama anak TK. Yang pertama, posisi tuas transmisinya pindah ke bawah. Kedua, Auto AC-nya nggak memanjang ke bawah, tapi untuk spek Indonesia menjadi horizontal. Mirip-mirip dengan Auto AC milik All New Innova. Dashboardnya? 1-tone, tidak 2-tone seperti Sienta JDM. Tetapi untuk Sienta Indonesia ada opsi warna dashboard 2-tone khusus Sienta tipe Q dan hanya tersedia di warna Attitude Black Mica, Orange Metalic, dan Quartz Brown Metalic.

Toyota Sienta Indonesia Interior

S__8651167

Toyota Sienta Indonesia InteriorSoal head unit, Sienta Indonesia memakai Toyota Move. Sienta JDM? Ada yang audioless, audio touchscreen, dan opsi-opsi lain.

Overall, Sienta JDM dan Sienta Indonesia punya plus minusnya masing-masing. Sienta Indonesia punya tampilan yang lebih keren, tapi Sienta JDM punya fitur dan interior yang lebih fancy.

Bagaimana menurut Anda? Sampaikan corat-coret komentar Anda di bawah ini dan stay tune di AutoPlusID.com untuk berita lainnya. See ya!

 

 

About Veyvez Zatha 29 Articles
Petrolhead alias reviewer mobil yang nyasar ke dunia hitung-hitungan alias matematika. Penggemar sejati air-cooled Porsche. Cari dia di Instagram @veyvez