Komparasi : Mercedes Benz E250 Avantgarde vs BMW 528i

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Sekarang, kita akan membandingkan kedua sedan ini. Kedua sedan ini diposisikan oleh masing masing pabrikan sebagai sedan kelas menengah. Baik Mercedes Benz E250 AVG atau BMW 528i ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kedua mobil ini adalah sedan kelas menengah yang paling banyak kita lihat di jalanan Indonesia. Mercedes Benz yang kita gunakan ini adalah versi W212. Kenapa W212? anda pasti sudah tahu kalau generasi terbaru E Class, yakni W213 sudah meluncur, tetapi ATPM Mercedes Benz Indonesia belum meluncurkan mobil ini di bumi Indonesia.

Kedua mobil ini sudah lama menjadi rival. Bisa dibilang mereka berdua adalah rival abadi. Kedua mobil ini juga memiliki versi kencang nya. Mercedes Benz E 63 AMG yang mampu memuntahkan tenaga hingga 585 hp dan BMW M5 yang mampu memuntahkan tenaga hingga 560 hp. Oke, kita lanjut saja ke bagian eksterior.

Desain Eksterior

Mercedes Benz E250
Mercedes Benz E250

Bisa dilihat, E250 ini adalah versi facelift. Karakteristik mobil ini cukup mewah dan elegan serta ada aura sporty nya. Mobil ini seperti perwujudan orang mapan dan pejabat pejabat. Lampu depannya sangat radikal. Jauh berbeda dari sebelum facelift yang terbagi menjadi 2 yang mengesankan sangat macho dan berani. Bagian depannya sendiri cukup membuat kami kagum. Para desainer Mercy melakukan reinterpretasi pada tampilan “four eyes” yang sudah menjadi ciri khas E-Class sejak model W210 (1995). Kini dua unit lampu disatukan dalam satu buah lensa (one-piece headlamp). Baik lampu utama atau Day-time Running Light (DRL) sudah memakai teknologi LED. Khusus tipe Avantgarde di­tambah Adaptive High Beam Assist.

2015-yeni-nesil-mercedes-benz-e250

Beralih ke bagian belakang, tidak ada perbedaan yang signitifkan dari sebelumnya. Lampu nya bisa dibilang indah dan membentuk corak ketika menyala pada malam hari. Oh ya lampu nya sudah menggunakan LED. Penggunaan knalpot nya membuat karakter E class ini makin garang dan macho.

BMW 528i
BMW 528i

Beralih ke BMW 528i. Seperti BMW kebanyakan, 528i ini terlihat modern dan sporty. Desain lampu nya yang menggunakan 2 halogen tetap dipertahankan dan sudah menggunakan yang namanya BMW Adaptive LED yang begitu canggih. Desain grill nya pun tetap dipertahankan sebagai ciri khas sebuah BMW. Ada juga versi yang lebih sporty yaitu BMW 528i M yang menggunakan berbagai aksesoris M Perfomance.

04-2013-bmw-528i-xdrive-review

Kita beralih kebelakang. Seperti biasa, lampu BMW terlihat cantik dan indah. Lampu 528i ini sendiri tak kalah indah dengan Mercedes Benz E250. Lekukan lekukannya membuat ia terlihat anggun. BMW 528i juga dilengkapi 4 buah parking sensor.

Penilaian

Mercedes Benz E250 AVG : *****

BMW 528i                             : *****

Desain Interior

Mercedes Benz E250 AVG
Mercedes Benz E250 AVG

Interior E250 ini terlihat mewah sebagaimana layaknya sebuah Mercedes Benz. Mungkin anda akan berpikir dimana letak tus transmisi? Letak tuas transmisi nya berada di bagian kanan setir dan terpisah dengan lampu sein dan wiper. Orang awam yang baru menggunakan mobil ini mungkin agak bingung cara mengoprasikannya. Di setir nya juga banyak tombol yang membuat jempol anda senang untuk mengatur MID di bagian speedometer. Mobil ini juga sudah menggunakan COMAND yang kita operasikan melalui sebuah alat putar putar dibagian dashboard. Ada kehadiran jam analog yang makin menambah rasa mewah dari E250 AVG ini. Banyak penyimpanan juga dibagian dashboard karena tidak ada transmisi dan rem tangan. Dashboard nya sendiri menggunakan panel kayu bewarna hitam yang kualitasnya sangat baik.

BMW 528i
BMW 528i

Lain halnya dengan E250 AVG, desain interior 528i sangat berbeda. Ia terlihat sangat sporty dengan berbagai kecanggihan. Kita bisa melihat tuas transmisi yang seperti joystik. Sebenarnya pengoprasiannya cukup mudah namun bagi orang awam harus beradaptasi dulu. Pengaturan AC nya sudah full elektronik dan dual zone. BMW 528i ini sudah mengaplikasikan BMW iDrive dimana semua bagian mobil dan kinerja mobil bisa kita pantau melalui sebuah layar yang ada di dashboard. Kursi nya pun sudah full elektrik dengan adanya memori. Anda bisa mengganti ganti warna dan coraj pada interior nya sesuai selera anda.

Penilaian

Mercedes Benz E250 AVG : ****

BMW 528i                             : *****

Kemewahan

Mercedes Benz E250 AVG
Mercedes Benz E250 AVG

Disinilah salah satu aspek orang membeli sedan mewah. E250 AVG menawarkan kualitaas interior. Jok nya berlapis kulit yang mmembuat semakin nyaman dan mewah meskipun jok nya belum bisa reclining dan itu wajar dikelas nya. Ada ventilasi AC juga yang tidak bisa diatur suhu nya dan itu juga wajar. Ada juga arm rest yang bisa menjadi cup holder untuk menaruh 2 botol minuman. Kita juga bisa menyimpan dokumen dokumen di belakang jok depan karena ada penutupnya sehingga kita bisa menaruh dokumen. Dan bantingannya juga baik selayaknya sedan mewah. Di pasar Indonesia. Ada juga versi yang memiliki Rear Entertiment System namun anda harus merogoh dompet lagi.

BMW 528i
BMW 528i

Sama seperti Mercy E250 AVG, BMW 528i juga menghadirkan kenyamanan yang mumpuni. Lainnya terlihat sama dengan E250 AVG namun, E250 AVG jauh lebih nyaman memang daripada 528i ini. Untuk kemewahan dan kenyaman jauh lebih baik E250 AVG. Untuk BMW 528i Executive menyuguhkan beberapa fitur seperti entertainment untuk penumpang di bangku belakang berupa TV dan DVD dengan layar monitor delapan inci.

Penilaian

Mercedes Benz E250 AVG : *****

BMW 528i                             : ****

Performa

Mercedes Benz E250 AVG menggunakan mesin 4 slinder berkapasitas 2.000 cc (1.991 cc) yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 211 hp pada 5500 rpm dan torsi 350 nm pada rentang 1200-4000 rpm. Untuk akselerasi 0-100 km/h mobil ini dapat menuntaskannya dalam waktu 7.4 detik. Tenaga mobil ini disalurkan melalui transmisi 7G TRONIC PLUS dan digerakkan melalui roda belakang. Untuk konsumsi bahan bakar menurut klaim Mercedes Benz dapat menorehkan angka 1:16,3 km/l

BMW 528i menggunakan mesin 4 slinder berkapasitas 2.000 cc (1.997 cc) Twin Power Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 240 hp pada 5000 rpm dan torsi 350 nm pada rentang 1450-4800 rpm. Untuk akselerasi 0-100 km/h mobil ini dapat menuntaskannya dalam waktu 6.1 detik. Tenaga mobil ini disalurkan melalui transmisi Automatic 8 speed Steptronic dan digerakkan melalui roda depan. Untuk konsumsi bahan bakar menurut klaim BMW dapat menorehkan angka 1:14,5 km/l. Disini BMW menang dalam aspek performa

Jika anda mencari keiiritan dan keefisiensian maka E250 AVG. Namun jika anda suka membawa mobil sendiri dan membutuhkan tenaga yang berlebih maka 528i adalah pilihan tepat.

Penilaian

Mercedes Benz E250 AVG : ****

BMW 528i                             : *****

Fitur

Mercedes Benz E250 AVG
Mercedes Benz E250 AVG

Mercedes Benz E250 dengan trim Avantgarde adalah yang paling lengkap dan ful option. Keamanannya pun lengkap, sebut saja 8 airbag, EBD dengan ASR, ABS, EBD, PRE-SAFE, kursi ISOFIX, Runflat tire, Active Parking Assist, ADAPTIVE Brake dan banyak lainnya. Sementara untuk fitur pemanja adalah kursi elektrik dengan memori, jok kulit, Cruise control, Active parking assist, Radio Audio 20 with 6 disc CD Charger yang membuat anda terhibur dan lainnya. Namun ada yang aneh, kenapa tidak ada Garmin MAP PILOT navigation system? padahal itu ada di Mercedes Benz E200 Edition E dan absen di E400 AMG dynamic sekalipun!

Keamanan BMW 528i juga tak jauh dengan E250 AVG. Sebut saja ABS EBD, ESC, HSA, 8 airbag dan lainnya. Bisa dibilang Fun to drive BMW lebih baik dari Mercedes Benz karena BMW juga memanjakan pengemudi nya. Sebut saja Automatic Start/Stop, Driving Experience Control dengan mode ECO PRO,Electronic Power Steering, Servotronic, Brake Energy Regeneration. 528i ini dilengkapi dengan Comfort Rear Seats dengan sandaran kepala yang nyaman, serta jok tempat duduk dari bahan yang lebih tebal, lebih lembut, serta jahitan yang elegan.

Harga

Untuk Mercedes Benz E250 yang menggunakan trim Avantgarde maka siapkan lah dana 1.049 miliar Rupiah dalam keadaan off the road. Sedangkan BMW 528i memiliki harga sebesar 1.039 miliar Rupiah dalam keadaan off the road.

Kesimpulan

Sampai lah kita pada akhir dari Komparasi ini. Mercedes Benz E250 AVG facelift ini adalah kemajuan yang cukup baik dari sebelumnya. Namun kita mengingat bahwa generasi terbaru E Class yakni W213 sudah meluncur. Mungkin dalam waktu dekat Mercedes Benz akan memberikan diskon pada model W212 ini. Mobil ini pun memang cocok menjadi mobil para eksekutif muda atau para pengusaha sukses. Ditambah dengan logo yang mencerminkan sebuah mobil mewah dan mahal dan dengan nilai history yang benar benar tinggi

Sedangkan BMW memang benar benar menghadirkan BMW 528i ini secara matang. Mobil ini canggih, Karakter nya mantap, desain nya sporty. Mobil ini pun cocok untuk anda bawa sendiri. Kenapa? karena BMW menghadirkan fitur fitur pemanja pada pengemudi dan juga power mobil ini yang sanggup menyalip mobil di jalan tol. Jadi jika anda bosan disupiri maka anda bisa membawa BMW ini.

Baik Mercedes Benz E250 AVG atau BMW 528i ini, kedua nya adalah CKD (diproduksi di Indonesia)

Hasil Akhir

1. Mercedes Benz E250 Avantgarde

Plus : Kemewahan, logo, sejarah, harga jual kembali, kesediaan spare part

Minus : Fun to drive dibawah 5 series, tenaga dibawah 5 series, lebih cocok menggunakan jasa pengemudi, sudah keluar model W213

2. BMW 528i

Plus : Fun to drive, fitur, tenaga, desain

Minus : Kemewahan dibawah E Class, kurang memanjakan penumpang, harga jual kembali

About Rayza Duksino 22 Articles
Seorang petrolhead muda yang mempelajari teknologi dan robotic. Suka mobil-mobil Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW yang sudah berstatus motuba.