Mari Mengenal Peugeot 3008, Juara European Car Of The Year 2017

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

screen-shot-2017-03-06-at-14.20.25-min

Pada awalnya kami tak menyangka mobil ini menjadi mobil terbaik di benua eropa tahun 2017, terlebih banyak pesaing-pesaing yang tidak kalah menarik dibandingkan mobil ini, baik Alfa Romeo Giulla maupun Mercy E Class yang menjadi nomor dua dan nomor tiga dalam persaingan tersebut. Mobil ini juga merupakan mobil kelima Peugeot yang memenangi penghargaan bergengsi untuk mobil di benua biru tersebut, dan mobil SUV pertama yang memenangi European Car Of The Year sejak tahun 1964. Rasa penasaran kami pun meningkat setelah mengetahui bahwa mobil ini telah dipesan hampir 100.000 unit di benua eropa selama kurun waktu September- Maret 2016. Persaingan crossover atau Compact SUV di Eropa sangat tidak main-main, bahkan pasar mereka sudah seperti pasar MPV di Indonesia, lihat saja pesaing dari 3008 sangatlah banyak, seperti Nissan Qashqai, Seat Ateca, VW Tiguan, Renault Kadjar, dan Mazda CX-5 . Lantas bagaimana impresi kami terhadap Peugeot 3008 ini? Mari kita simak.

Desain Eksterior

peugeot_3008_galerie-8-1.112743.19-min

Desain Gagah di depan yang berkarakter dan menimbulkan kesan artistik nan tegas

Jika pada generasi sebelumnya desain mobil ini mengkurva dan membulat, maka pada generasi kedua 3008 ini desain dari mobil ini cenderung sedikit mengotak dengan guratan tegas yang merupakan identitas dari bahasa desain Peugeot saat ini. Sementara, dibagian samping terlihat bagian belakang tersirat sebuah floating roof yang membuatnya terkesan layaknya sebuah kupe. Sementara dibagian depan desain mobil ini sangat menarik dan bahasa desain perancisnya sangat mudah diterima orang awam walaupun tergolong simpel dan sedikit mencomot dari Peugeot 308 yang merupakan basis dari mobil ini.

peugeot_3008_layout6-4.92834.19

Desain belakangnya memang tidak semua selera orang tetapi kami menilai jauh lebih menarik dibandingkan 3008 generasi sebelumnya

 

Desain Interior

peugeot_3008_galerie-27-1.68714.17-min

Interiornya sangat menarik untuk crossover dikelasnya

Lompatan sangat jauh sekali terjadi pada desain interior mobil ini. Mobil ini terlihat sangat visioner dengan teknologi I-Cockpit dari Peugeot yang secara fungsi mirip dengan Virtual Cockpit dari Audi namun nuansa biru yang kental dan modern sangat terasa di dalam interior mobil ini. Secara kualitas, Interior mobil ini juga sangat baik dengan harga yang reasonable dikelasnya. Bahkan, desain Interiornya merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Kami merasa salah satu daya tariknya ada disini.

Performa

Peugeot 3008 tersedia dalam mesin bensin dan diesel. Untuk mesin bensin Peugeot mengandalkan mesin legendaris 1.600 cc Turbo dengan tenaga 163 Hp dan 1.200 cc Turbo puretech dengan tenaga 130 Hp, sementara mesin diesel nya terdapat empat varian dengan dua mesin yaitu 1.600 cc dan 2.000 cc. Untuk 1600 cc HDi tersedia dalam dua tenaga yaitu 100 dan 120 Hp. Sementara mesin 2000 HDi tersedia dalam 150 Hp dan 180 Hp. Untuk transmisi tersedia dalam tiga jenis, yaitu Transmisi manual dengan lima dan enam percepatan dan satu jenis transmisi otomatis dengan enam percepatan. Kami menilai mesin bensin 1.2 Turbo Puretech dan 2.0 HDi dengan tenaga 180 Hp adalah pilihan yang menarik karena kedua varian tersebut memberikan performa yang optimal baik tenaga dan efisiensi.

Varian

Di negara asalnya Perancis, Peugeot 3008 tersedia dalam tujuh buah varian antara lain : Access, Active, Allure, GT Line dan GT, Active Business dan Allure Business. Range harga dari varian tersebut mulai dari 25.900 Euro (Access) atau sekitar 365 jutaan hingga 42.900 Euro atau sekitar 600 Jutaan untuk trim GT. Harga tersebut merupakan harga di negara Perancis dengan asumsi kurs 1 Euro = 14,098. Kami melihat bahwa trim Allure merupakan trim yang paling diminati oleh konsumen Peugeot 3008 karena fiturnya sudah lebih dari cukup untuk sebuah Crossover dikelasnya.

Kehadirannya Di Indonesia

Apakah mobil ini akan masuk ke tanah air? Jawabannya ada dua bisa mungkin bisa saja tidak, karena ATPM Peugeot saat ini belum ada rencana terhadap produk baru dan juga penjualannya pun tergolong stagnan. Kami sangat berharap dengan Peugeot Indonesia agar memasukan mobil ini ke Indonesia, toh mobil ini bukan mobil yang buruk dan Penghargaan tersebut bisa menjadi Selling Point untuk mobil ini.

Kesimpulan

Apakah mobil ini memang benar-benar layak menyandang gelar sebagai European Car Of The Year 2016? Kami rasa pantas karena mobil ini memiliki lompatan yang sangat jauh dari generasi yang sebelumnya dan juga teknologinya juga berkembang sangat baik, belum lagi ini merupakan salah satu usaha Peugeot yang benar benar membenahi produknya dari segi reliability dan juga persepsi orang terhadap mereka yang cenderung membosankan. Walaupun memang mobil ini masih memiliki kekurangan dari segi kenyamanan dan fun to drive nya. Sekian penjelasan singkat dari saya, Merci…..

About Reyhan Apriathama 114 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.