Mengapa Daihatsu Tidak Menggunakan Mesin 1.500 CC Pada Sirion?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com РMalaysia merupakan negara dimana Daihatsu Sirion ini dirakit dan mobil ini menjadi mobil terlaris di Malaysia. Daihatsu Sirion yang hadir sejak akhir 2017 silam ini mengalami ubahan yang sangat  jauh dibandingkan generasi sebelumnya sehingga ia terlihat menjadi mobil dengan value for money untuk kelasnya bahkan secara Nasional. Di Malaysia mobil ini tersedia dalam dua varian mesin yaitu 1.300 dan 1.500 cc. Saat kami melihat pertama kali mobil ini terasa naik kelas bahkan diatas kertas spesifikasi sekalipun mobil ini sudah masuk ke kelas compact hatchback ketimbang CityCar. Sayangnya, di Indonesia mobil ini hanya tersedia dalam varian 1.300 cc. Kami menyimpan pertanyaan, mengapa tidak menggunakan varian 1.500 cc saja dengan asumsi konsumsi BBM yang hampir sama dengan performa yang sedikit lebih baik?

Menurut Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan bahwa jika memasukkan varian 1.500 cc maka perhitungan ekonomisnya sudah tidak masuk akal dan unit yang disuplai dan target penjualan untuk Sirion sangat kecil. Dalam hal ini, Daihatsu hanya menargetkan 200 unit sebulan dan jumlah tersebut merupakan jatah dari Malaysia. Secara tidak langsung keadaan pasar membuktikan kelas ini memang peminatnya semakin kecil seiring dengan pertumbuhan LMPV yang semakin kuat. Terlepas dari hal tersebut mobil ini memiliki pasar kearah kaum milenial dan pelar. Daihatsu Sirion versi malaysia mempunyai spesifikasi yang lebih lebih lengkap dan rentang varian yang jauh lebih luas. Belum lagi varian di Malaysia dengan nama umum “Perodua Myvi” ini juga sudah dilengkapi oleh keselamatan aktif salah satunya ialah pre collision warning yang mencegah terjadinya tabrakan yang mampu mengantarkan mobil ini dengan rating keselamatan Bintang lima versi Asian NCAP.

Untuk varian Indonesia sendiri mobil ini hanya tersedia dalam satu varian saja, dimana untuk versi Malaysia mobil ini adalah varian standard G dengan kategori menengah. Dalam keadaan standar saja fitur keselamatan dari mobil ini sudah sangat lengkap bahkan seluruh varian sudah dilengkapi oleh kontrol kestabilan sekalipun yang menjadi standar keselamatan Malaysia. Harga Daihatsu Sirion dibanderol dengan harga 182.500.000 untuk varian transmisi manual dan 193.500.000 untuk transmisi otomatis

About Reyhan Apriathama 153 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.