Mercedes Benz V220 CDI vs Volkswagen Caravelle Multivan T6

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Mercedes Benz baru saja meluncurkan Luxury Van miliknya yaitu V-Class. V-Class sebenarnya sudah hadir di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir, tetapi mobil ini memiliki penjualan yang tidak menggembirakan, karena mobil ini tergolong boros bahan bakar dan kurang asyik dikendarai, selain itu juga mobil ini kalah jauh dalam penjualan baik dengan Volkswagen Caravelle maupun Toyota Alphard. Tetapi, pada 2016 Mercedes Benz Indonesia mengeluarkan kembali V-Class dengan mesin diesel 2.200 cc Turbo CDI.

Satu perbedaan antara V-Class sebelumnya dengan V-Class yang sekarang, jika dulu V-Class dijual setara dengan kendaraan komersil seperti truk dan bus. Kali ini Mercedes Benz memposisikan V-Class berada pada kendaraan penumpang. Lain hal nya dengan Volkswagen Caravelle yang dijual oleh Volkswagen Indonesia sebagai bagian dari kendaraan komersil. Lantas, apakah kedua mobil tersebut ideal untuk merepresentasikan sebuah MPV mewah? Maka dari itu kami mengkomparasikannya untuk mencari mana yang lebih ideal dan lebih baik?

Desain Eksterior

IMG_3452

Berbicara soal desain eksterior, kedua mobil ini memiliki karakteristik masing masing. Mercedes-Benz memiliki karakteristik desain yang cantik dan anggun. Dari wajah depan terlihat bahwa lampu dengan teknologi Intelligent Light System sangat anggun jika di lihat saat malam hari.

Intelligent Lighting System
Intelligent Light System

Selain itu, gril dengan tiga bilah yang besar menunjukkan bahwa ini adalah sebuah Mercedes Benz V-Class. Selain itu, di lekukan tubuhnya yang berbentuk kotak terlihat lengkungan garis yang sangat artistik dan menunjukkan bahwa mobil ini sebagai van yang modern.

Dari depan mirip Sprinter ya, padahal mobil ini lebih mewah
Dari depan mirip Sprinter ya, padahal mobil ini lebih mewah

Sementara dari sisi samping, mobil ini memiliki siluet seperti V-Class sebelumnya yang cenderung mengotak. Tetapi dari sisi estetika mobil ini memiliki lekukan yang lebih baik lagi dari segi tubuh hingga kaca nya. Kaca samping pada mobil ini tergolong besar dan lebar terasa khas sebuah minivan pada umumnya. Mobil ini memiliki tiga jenis bodi yaitu, kompak, panjang, dan ekstra panjang, ketiga jenis tersebut memiliki panjang 4,9 meter, 5,1 meter, dan 5,4 meter. Perbedaan panjang tersebut tidak mempengaruhi daya angkutnya tetapi berpengaruh pada bagasi nya. Selain itu, mobil ini memiliki velg 18 inci seperti milik Mercedes Benz E-Class dengan trim Avantgarde. Mobil ini, juga menggunakan pintu geser elektrik pada kedua pintu nya yang memudahkan akses keluar masuk mobil ini. Selain itu, di bagasi nya terdapat dua pintu pembukaan nya, yaitu dengan kaca dan juga dengan pintu belakang yang sudah berfungsi secara elektris.

IMG_34461

Lain hal nya dengan, Volkswagen Caravelle Multivan T6 yang terlihat dari luar memiliki perubahan yang tak kasat mata dibandingkan generasi T5 yang sebelumnya, tetapi sebenarnya memiliki perubahan dengan bentuk grill, lampu dan bemper yang lebih besar. Dari sisi samping seperti tidak mengalami perubahan yang sangat berarti selain perubahan lampu sen saja. Sementara , di bagian belakang perubahan cukup terasa dari cetakan kaca yang sudah tidak terlalu mengotak seperti T5. Selain ituu, lampunya lebih besar dan dudukan nomor kendaraan dibuat lebih memanjang.

Spot the difference!

Penilaian

Mercedes Benz V220 CDI                  : *****

Volkswagen Caravelle Multivan T6   : ****

Desain Interior

Panelnya mirip deretan Mercedes-Benz terbaru ya, macam new E-class
Panelnya mirip deretan Mercedes-Benz terbaru ya, macam new E-class

Interior V-Class terbaru ini jauh lebih modern dibandingkan pendahulunya, yang lebih terasa konservatif. Desain nya kali ini jauh lebih baik dan lebih modern dibanding pendahulunya. Menariknya, mobil ini sudah dilengkapi sebuah trackpad untuk mengatur audionya.

Trackpad
Trackpad

Kisi-kisi AC nya pun terasa lebih klasik tetapi terlihat rapi. AC climate control juga sudah hadir dengan pengaturan iklim dan dapat difungsikan secara dua zona. Speedometer nya juga sangat informatif untuk MID nya. Posisi pengaturan kontrol termasuk persneling berada di dekat setir agar terlihat lebih rapi dan memiliki penyimpanan yang banyak di konsol tengah.  Soal kualitas buatan, tidak usah diragukan lagi, karena Mercedes-Benz memiliki kualitas buatan yang solid dan berstandar tinggi.

Maaf setir kiri.. Mobilnya belum masuk Indonesia

Interior Caravelle memiliki desain yang lebih minimalis dan mengotak. Walaupun begitu interiornya memiliki tatanan letak yang sangat rapi dan masih enak dilihat, terlepas desainnya juga minim perubahan dari T5 sebelumnya. Mungkin saja ada orang yang berasumsi bahwa interiornya hanya berubah pada setir dan audio nya saja. Yang pasti, fit and finish panel-panelnya pasti rapi seperti VW lain.

Penilaian Desain Interior

Mercedes Benz V-Class                     : ****

Volkswagen Caravelle  Multivan T6 : ***

Akomodasi

Lega... banget
Lega… banget

Berbicara soal akomodasi, baik Mercedes Benz V-Class maupun VW Caravelle Multivan T6 memiliki akomodasi yang sangat baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan dimensi mobil yang besar untuk sebuah van. Selain itu, akses keluar masuk sangat mudah. Tapi, jika berbicara urusan akomodasi berdasarkan daya angkut VW Caravelle Multivan T6 adalah juaranya. Mengapa? Karena mobil ini memiliki daya angkut hingga sembilan penumpang dewasa dan kabin nya pun dapat dipersonalisasikan sehingga daya angkutnya bisa dibuat sesuka hati penggunanya. Lain halnya dengan Mercedes Benz V-Class, mobil ini sayangnya hanya mampu mengangkut tujuh penumpang dewasa, tetapi mobil ini memiliki kursi yang dapat diputar 360 derajat menghadap ke penumpang belakang. Selain itu, akomodasi bagasi mobil ini sangat baik, karena memiliki volume bagasi yang cukup besar sehingga dapat membawa penumpang yang banyak beserta barang bawaannya. Mudik bawa V-Class? Bisa dong. 😛

Penilaian Akomodasi

Mercedes Benz V-Class     : ****

Volkswagen Caravelle Multivan T6 : *****

Kepraktisan

Sebuah van seperti Mercedes Benz V-Class maupun Caravelle T6 pastinya memiliki kepraktisan yang baik. Terlebih mobil ini merupakan mobil keluarga yang syarat akan kenyamanan bagi penumpang dan harus praktis juga. Untuk akses penumpang, kedua kontestan ini memiliki pintu geser elektrik yang panjang dan akses nya sangat baik hingga ke penumpang belakang.

Untuk VW Caravelle Multivan T6 selain memiliki akses yang baik, mobil ini juga sudah dilengkapi sebuah meja yang dapat di putar dan di geser sehingga dapat menyimpan sebuah laptop dan anda tetap dapat bekerja di dalam mobil. Sayangnya, meja tersebut tidak dapat ditemui pada Mercedes Benz V Class sehingga jika anda ingin bekerja di dalam mobil sepertinya anda lebih baik menggunakan tablet, dengan tujuan faktor kesehatan terhadap badan anda dan faktor radiasi terhadap kulit.

Untuk tempat penyimpanan baik penyimpanan terbuka maupun tertutup, terdapat lima buah laci di dasbor depan VW Caravelle. Selain itu, terdapat 6 buah cup holder pada mobil ini belum termasuk laci-laci yang terdapat pada meja geser pada mobil ini. Untuk Mercedes Benz V Class terdapat tiga laci yang ada di dasbor dan bagian depan dan juga terdapat juga ruang penyimpanan di sela-sela pintu dan di baris belakang.

Tapi sayangnya, mobil ini hanya memiliki tiga buah cup holder di dalam kabinnya. Walaupun begitu, mobil ini sudah memiliki pembukaan bagasi terpisah antara pintu dan kaca bagasi, dan pintunya sudah dapat dioperasikan secara elektris sehingga sangat praktis terutama ketika berpergian jauh.

Gede amat pintu bagasinya..
Gede amat pintu bagasinya..

Penilaian

Mercedes Benz V Class  : ****

Volkswagen Caravelle Multivan T6 : *****

Performa

 

Mercedes Benz V-Class memiliki mesin berkapasitas 2.149 cc dengan tenaga 163 hp pada 3.800 RPM dengan torsi 380 Nm pada rentang putaran 1.200-2.600 RPM. Mobil ini dapat melaju dari diam ke 100 km/jam diklaim dalam waktu 11,8 detik. Tenaga mesin mobil ini disalurkan melalui transmisi 7 percepatan Mercedes Benz yaitu 7G-Tronic dan digerakkan melalui penggerak roda belakang.

Untuk konsumsi bahan bakar, belum ada hasil yang rill dan pasti tetapi mobil ini dapat diklaim mampu mencatat kehematan sebesar 13 km/liter untuk di dalam kota. Mobil ini juga sudah dilengkapi oleh paddle shift sebagai alat pacu kendali mobil ini. Tapi menurut saya mobil ini lebih berorientasi untuk kehematan konsumsi bahan bakar.

Sementara VW Caravelle Multivan T6 memiliki mesin berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga 204 hp dengan torsi 350 nm. Mesin tersebut juga digunakan oleh VW Golf GTI MK7 dengan transmisi kopling ganda dengan tujuh percepatan yang tenaga nya disalurkan melalui penggerak roda depan.

Secara teknis belum ada penjelasan tentang mesin ini, tetapi mesin ini sanggup melesatkan mobil ini dari 0-100 Km/jam dengan waktu sekitar 8 detikan jika melihat asumsi bahwa VW Golf GTI MK7 berakselerasi pada figur 6,5 detik.

Masing masing kontestan dalam urusan performa memiliki supremasi tersendiri. Jika anda mengutamakan biaya operasional dan konsumsi BBM maka Mercedes Benz V-Class adalah pilihan tepat. Sementara, jika anda mengutamakan performa dan respons mesin maka Caravelle adalah jawabannya.

Penilaian

Mercedes Benz V Class    : ****

Volkswagen Caravelle Multivan T6 : *****

Fitur

IMG_34471

Mercedes Benz V Class hanya memiliki satu tipe saja yaitu V220 CDI dengan trim Avantgarde. Tetapi untuk soal fitur mobil ini cukup lengkap dari segi fitur pendukung keselamatan dan kenyamanan. Untuk fitur keselamatannya mobil ini sudah dilengkapi oleh delapan buah Airbags,ABS ,EBD ,ASR ,BAS, Attention Assist, Crosswind Assist, Hill Start Assist dan yang tak lupa adalah PRE-SAFE systems. Sementara untuk fitur pendukung kenyamanannya sudah dilengkapi oleh jok kulit, cruise control, active parking assist, AC tiga zona. Dan, mobil ini juga sudah dilengkapi oleh GPS dari Garmin Map Pilot sebagai fitur standar dan audio Burmester yang mampu menghadirkan tata suara terbaik disaat perjalanan.

Burmester Audio System
Burmester Audio System

Lain hal nya dengan, VW Caravelle Multivan T6 yang memiliki dua jenis varian yaitu Long Wheelbase dan Short Wheelbase. Untuk fitur keselamatannya memiliki fitur yang tak beda jauh dengan Mercedes-Benz. Tetapi untuk fitur pendukung kenyamanannya mobil ini boleh berjumawa karena fitur pendukung kenyamanannya sangat banyak, terutama untuk yang Long Wheelbase karena sudah dilengkapi Televisi Flat yang dapat menghibur anda di perjalanan. Selain itu, mobil ini sudah mengadopsi jok ottoman pada baris kedua yang mampu meningkatkan kemewahan pada perjalanan anda.

Sayangnya, fitur pemanja pengemudi saya rasa tidak sebaik Mercedes Benz V-Class karena Caravelle lebih terasa passenger oriented dan fitur untuk pengemudi benar-benar lebih cocok untuk mengandalkan jasa supir.

Mercedes Benz V Class                     : *****

Volkswagen Caravelle Multivan T6 : *****

Harga

Mercedes Benz V220 CDI dengan kondisi CBU dihargai sebesar 1,430 miliar rupiah on the road DKI Jakarta. Sementara, Volkswagen Caravelle Multivan T6 belum diluncurkan di tanah air, tetapi harga nya dapat diperkirakan berada pada level 1,5-1,7 miliar untuk tipe tertinggi nya. Tapi, jika melihat secara harga Mercedes Benz V Class jauh lebih masuk akal untuk dipinang karena faktor dari image Mercedes Benz sebagai representasi akan arti kesuksesan. Sementara, jika melihat rasa emosional, akomodasi dan lebih suka untuk disupiri maka VW Caravelle Multivan lebih pas untuk dipilih.

Penilaian

Mercedes Benz V Class      : *****

VW Caravelle Multivan T6 : ***

Kesimpulan

Melihat serangan yang dilakukan Mercedes Benz V-Class dengan perubahan total nya dan ternyata mampu mengubah image nya dari sebuah van biasa untuk mengangkut orang banyak menjadi sebuah van yang mewah dan dapat disetarakan dengan mobil Mercedes-Benz yang lain, seperti E-Class sekalipun. Tetapi, menurut saya Mercedes Benz V-Class lebih mengedepankan Driving Oriented nya dibanding Passenger Oriented yang biasanya terjadi pada MPV mewah seperti ini. Sesungguhnya Driving Oriented yang diterapkan pada Mercedes Benz lebih mengarah bahwa mobil ini tidak hanya cocok untuk menggunakan supir dan pergi bersama klien, tetapi juga mobil ini berfungsi juga sebagai mobil yang dapat digunakan untuk berekreasi.

Lain hal nya, dengan VW Caravelle yang mengedepankan kenyamanan penumpang dan menomorduakan pengendara dalam mobil ini dan juga VW Caravelle memiliki In Car Entertainment yang mampu membuat orang betah di dalam perjalanan dengan adanya mini home theater di mobil tersebut. Untuk anda yang lebih suka menyetir sendiri maka Mercedes Benz V-class adalah pilihannya, sementara jika anda lebih sering membuang waktu anda untuk berada di mobil maka VW Caravelle Multivan T6 adalah jawaban tepat untuk para eksekutif yang mengalami kesulitan jika harus meeting ke kantor tetapi masih berkutat pada kemacetan.

Hasil Akhir

  1. Mercedes Benz V220 CDI

Plus : Desain eksterior dan interior, konsumsi bahan bakar, image

Minus : Daya angkut, tenaga mesin, kabin penumpang biasa saja

      

  1.    Volkswagen Caravelle  Multivan T6

Plus : Performa, nilai Sejarah, kenyamanan, In Car Entertainment

Minus : Harga, perlu menggunakan jasa pengemudi, desain tidak berbeda jauh dengan T5, belum masuk pasar Indonesia

 

Test Driver dan Comparison writer : Reyhan Apriathama

Text editing : veyvez

About Veyvez Zatha 29 Articles
Petrolhead alias reviewer mobil yang nyasar ke dunia hitung-hitungan alias matematika. Penggemar sejati air-cooled Porsche. Cari dia di Instagram @veyvez