Pilihan Mobil 7 Seater Baru Rp 200-300 Jutaan Yang Nyaman Untuk Mudik Lebaran

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusId.com – Tak terasa sebentar lagi kita akan berjumpa lagi dengan puasa ramadhan. Tentunya, puasa ramadhan tak lepas dari budaya mudik. Yap, mudik masih menjadi salah satu tradisi yang wajib dilakoni saat lebaran. Bertemu sanak saudara dikampung halaman dalam perayaan mudik lebaran tentu sangat mengasyikan. Namun, tentu saja mudik kadang juga memerlukan jarak yang jauh. Belum lagi fenomena macet – macetan yang sudah pasti melekat saat mudik lebaran. Nah berhubung Lebaran masih sekitar 3 bulan lagi, kami akan merekomendasikan mobil – mobil yang nyaman untuk dipakai mudik. Khusus artikel ini, kami akan jabarkan mobil 7 seater dengan rentang harga mulai Rp 200-300 juta agar pilihannya semakin luas dan sesuai budget anda. Disini kami juga menghadirkan varian yang paling worth to buy dan memiliki value terbaik. Selengkapnya, silahkan simak artikel dibawah ini!

1. Toyota Avanza Veloz 1.5 A/T

5f239b2f-38ac-4c15-82be-dd8b7fdbbe02

 

Harga : Rp 236 juta

(+) Fitur, efisiensi bbm, akomodasi

(-) Tenaga diputaran rendah, desain mulai usang, limbung

Toyota Avanza menjadi mobil yang masih direkomendasi oleh kami karena mobil ini tetap menjadi yang terlaris sampai kini. Citra tangguh, muat banyak dan irit masih melekat padanya. Penggunaan mesin baru Dual VVT-i juga berdampak positif pada efisiensi bbmnya yang semakin meningkat. Walau belum bisa melampau kehematan mobil – mobil FWD, namun bukan berarti dia buruk. Untuk performa, Veloz ini memiliki tenaga yang cukup lemot diputaran bawah. Ini disebabkan karena karakter Dual VVT-i lebih mementingkan efisiensi diputaran rendah. Makanya saat digeber diatas 3.000 rpm, tenaga maksimalnya baru terasa. Akomodasi Avanza juga masih terbilang baik. Bagasinya juga cukup lega saat dilipat. Varian ini kami rekomendasikan karena ia memiliki fitur yang lengkap. Settingan suspensi baru memang membuatnya lebih nyaman dan penebalan peredam juga membuatnya menjadi sangat senyap untuk ukuran LMPV. Namun, isu limbung khas Avanza juga belum hilang karena sejatinya ia hanyalah mobil yang mengutamakan daya angkut daripada fun to drive.

2. Daihatsu Xenia R Sporty A/T

daihatsu_xenia_12

Harga : Rp 215,1 juta

(+) Value for money, kesenyapan kabin, fitur

(-) Ukuran velg, fitur safety belum sebanyak Avanza, kursi kurang suportif

Daihatsu Xenia R merupakan varian dibawah R Sporty namun memiliki fitur – fitur yang mirip dengan Avanza 1.3 G. Perbedaannya, ia belum dilengkapi ABS, peringatan seatbelt untuk penumpang depan, seatbelt 3 titik dan headrest tengah. Sisanya terbilang sama saja. Kesenyapan kabin juga menjadi kelebihan di Xenia ini. Kabinnya jauh lebih senyap dari Xenia sebelum Grand new. Namun sayangnya, ia masih mengadopsi velg berukuran 14 inci yang menurut kami kurang pas dengan bodynya yang sudah diimbuhi bodykit.  Selain itu, kami juga mendapati bahwa meskipun joknya tebal, namun sandarannya masih kurang suportif. Namun, mesin Dual VVT-i nya itu tetaplah menjadi salah satu yang teririt dikelasnya. Walau memang, tenaganya saat dibawah 3000 rpm terasa biasa saja. Namun kita akan terbalas dengan kehalusan transmisinya yang cukup halus saat shifting.

3. Suzuki Ertiga Diesel M/T

suzuki-ertiga-diesel-18

 

Harga : Rp 219,5 juta

(+) Torsi, kesenyapan, bantingan nyaman, ISS

(-) Fitur biasa saja, akselerasi biasa, warna interior mudah kotor

Suzuki Ertiga Diesel menjadi mobil yang fenomenal dikelas LMPV. Jika biasanya para rivalnya menawarkan mesin bensin dan berlomba lomba meningkatkan efisiensi lewat teknologi mesin, Ertiga Diesel ini justru berbeda dan unik. Dipersenjatai mesin 1.300 cc milik Chevy Spin yang sudah dimodifikasi habis – habisan oleh Suzuki dan dibenamkan berbagai macam fitur seperti SHVS dan ISS (Idling Stop System) membuat tenaganya menjadi 90 hp (Spin 75 hp) dan torsinya mencapai 200 nm!(Spin 175 nm). Ini membuat karakternya sangat mengasyikan untuk dibawa keluar kota. Hasil pengetesan beberapa media memang tidak spektakuler khususnya akselerasi. Ia butuh waktu sekitar 13 detikan untuk berlari dari 0-100 km/jam. Namun, untuk urusan konsumsi bbm dan keperkasaannya saat dibawa ditanjakan, sudah pasti ia lebih lihai dibanding Ertiga biasa.  Sisanya, ia masih mirip dengan Ertiga GX bensin. Termasuk suspensi nyaman dan kesenyapan kabin yang baik.

4. Honda Mobilio RS CVT

New-Honda-Mobilio-1

Harga : Rp 243,5 juta

(+) Desain, fitur, akomodasi, performa

(-) Built Quality, bantingan suspensi, peredaman kabin

Honda Mobilio RS yang kami rekomendasikan kali ini agak berbeda dengan rivalnya. Kami lebih merekomendasikan varian CVT karena secara performa ia juga masih jauh lebih unggul dari rivalnya. Selain itu, kami merekomendasikan varian ini karena ia sudah memiliki VSC dan Hill Start Assist. Selain menyematkan kedua fitur baru itu, Honda juga mempermak muka Mobilio RS ini sehingga menjadi lebih ganteng. Di interior, Mobilio tetap mempertahankan kelapangan kabinnya dan kepraktisannya sehingga sangat cocok digunakan untuk plesir keluar kota.

Meski begitu, desain interior yang menurut kami bagus ini tidak diimbangi dengan kualitas material nya. Materialnya buruk dan banyak yang kurang solid saat ditekan. Selain itu, suspensi pada Mobilio ini juga bagi kami kurang mencirikhaskan mobil keluarga. Karakternya cukup keras dan agak ajrut ajrutan. Soal kesenyapan kabin juga dia juga biasa saja. Suara angin dari luar masih menembus ke kabin.

5. Suzuki Ertiga Dreza GS AT

0_0_645_0_70_autocar-indonesia-content-20160527084924-IMG_6119

Harga : Rp 237,5 juta

(+) Fitur audio, kenyamanan, kehalusan

(-) Akselerasi biasa saja, desain eksterior

Jika tadi kami merekomendasikan varian diesel, kali ini kami akan merekomendasikan varian flagshipnya yang bermesin bensin. Dreza GS memiliki banyak sekali perbedaan dengan Ertiga biasa dieksterior. Desain muka yang mirip Peugeot RCZ memang membuatnya terlihat aneh. Tapi ini kembali lagi ke selera masing – masing. Di dalam, Suzuki berusaha meningkatkan kenyamanan kabin Dreza dengan melapisi joknya yang nyaman itu dengan bahan fabric berkualitas tinggi yang sangat halus dan membuatnya semakin nyaman.

Fitur audionya juga sangat lengkap dan sudah mengadopsi android dan mirroring system. Penggunaan mesin baru juga membuatnya semakin irit bahan bakar dan menjadikannya lebih halus. Walau memang, soal tenaga, ia belum se spektakuler rivalnya. Kira – kira, rival yang paling mendekati Dreza dalam performa adalah Xenia R Sporty A/T.

6. Toyota Sienta Q CVT

Toyota Sienta Indonesia - Side

Harga : Rp 298,2 juta

(+) Desain nyentrik, fitur lengkap, kepraktisan

(-) Desain bukan selera semua orang, harga mahal, kualitas dashboard

Mobil ini sangat fenomenal mengingat biasanya Toyota menghadirkan MPV dengan format itu -itu saja. Kali ini kami merekomendasikan varian Q bila anda memiliki budget 300 jutaan. Fitur safetynya sangat lengkap dan bahkan lebih lengkap dari Fortuner. Soal kepraktisan ia juga jumawa karena mengadopsi metode dive in seat. Jadi, kursi baris ketiga dapat dilipat dan disembunyikan dibawah kursi baris kedua untuk mendapatkan bagasi yang luas.

Soal performa, Sienta Q dengan transmisi CVT ini cukup baik dalam berakselerasi dan juga irit bahan bakar. Namun, memang harga varian Q ini cukup mahal dan apabila anda hanya membutuhkan segala kelebihan Sienta (kecuali fitur safetynya itu) maka kami lebih merekomendasikan varian V CVT nya saja dengan harga lebih murah dari Sienta Q.

7. Honda BR-V 1.5 Prestige

brv

Harga : Rp 268 juta

(+) Desain, ground clearence, akomodasi

(-) Built Quality, bantingan suspensi, posisi mengemudi

Meskipun SUV, Honda BR-V juga kami rekomendasikan disini mengingat ia juga mengadopsi format 7 seater. Kelebihan lainnya yang ia miliki disini adalah ground clereancenya yang tetap mencirikan aura SUV. Ia memiliki ground clearence setinggi 201 mm (yap, 201 mm, bukan typo) dan desain yang keren namun juga tetap tampak tough. Penggunaan basis yang sama dengan Mobilio membuat akomodasinya pun tak jauh beda. Hanya saja, legroomnya memang sedikit lebih sempit dari Mobilio karena ia memiliki kursi yang lebih tebal.

Karena berbasis dari Mobilio pula makanya ia tetap memakai bahan plastik di dasbor yang murahan. Selain itu, kami merasa juga kalau suspensi BR-V ini tidak terlalu empuk dan posisi duduknya terlalu rendah. Namun, ia memiliki mesin yang cukup bertenaga kok. Mesin 1.500 cc 4 silinder yang dipakai di Mobilio juga dipakai disini.  Artinya, tenaga 120 hp dan torsi 145 nm juga bisa dirasakan di BR-V.

8. Daihatsu Terios R Adventure AT

Harga-Daihatsu-New-Terios1

Harga : Rp 252 juta

(+) Value for money, bantingan suspensi, bodykit atraktif

(-) Desain usang, performa, konsumsi bbm, dengung gardan

Daihatsu Terios R Adv lebih kami rekomendasikan dibanding saudaranya, Rush 7 Ultimo. karena mereka berdua sebenarnya sama saja. Rush lebih menjual aksesoris ala – ala Trd dan Terios menjual desain bodykit atraktif namun tetap enak dilihat. Sayangnya, ubahan terakhir yang dilakukan di 2015 ini tetap saja tidak dapat mengubah wajah asli Terios yang sudah mulai usang. Yang membuatnya lebih value dibanding Rush adalah fiturnya sedikit lengkap ketimbang Rush. Padahal harganya sedikit lebih murah dari saudaranya itu.

Terios memiliki headunit dengan fitur yang sedikit lebih lengkap dari Rush. Ia sudah memiliki port HDMI. Namun sisanya, ia sama saja dengan saudaranya itu. Soal akomodasi, dia terbilang biasa saja. Bahkan cenderung sempit. Namun ia memiliki karakter suspensi yang cukup empuk sehingga masih cukup nyaman saat pergi keluar kota. Soal performa, ia biasa saja karena hanya memiliki tenaga 109 hp saja. Maka dari itu konsumsi bbmnya juga biasa saja. Oh iya, ada beberapa pengguna Terios yang mengeluh ada bunyi dengungan yang sepertinya berasal dari gardan.

9. Daihatsu Luxio X AT

01

Harga : Rp 204,5 juta

(+) Kabin lega, bantingan empuk, harga bersahabat

(-) Limbung, performa, desain dan fitur

Luxio memiliki kabin yang lega namun dengan dimensi hanya sekitar 4,2 m saja. Ini disebabkan oleh pengaplikasian mesin kolong yang membuat keseluruhan body hampir menjadi ruang kabin semua. Selain sangat lega, Luxio juga memiliki bantingan suspensi yang sangat empuk sehingga sangat nyaman digunakan untuk mudik lebaran nanti. Namun, karena ia memiliki tinggi mencapai 1,9 m dan bantingan empuk, maka tak heran handlingnya menjadi sangat limbung, Hati – hatilah saat menikung dengan mobil sebesar ini.

Selain itu, soal desain luar, ia tak terlalu menggoda. Bahkan terlalu banyak chromenya bagi kami. Performa? Menurut beberapa opini yang pernah kami terima, Luxio memiliki performa yang agak lemot. 0-100 nya juga tak istimewa karena hanya bisa ditempuh dalam 16-17 detikan. Soal fitur, mungkin hanya Audio 2 DIN Touchscreennya saja yang menjadi keunggulannya. ABS, Airbag? dia belum punya. Asyiknya, ia memiliki harga yang paling murah disini. Hanya Rp 204 jutaan saja.

10. Suzuki APV Luxury AT

suzuki-apv-luxury-front-angle-low-view

Harga : Rp 228,2 juta

(+) Desain eksterior, akomodasi lega, captain seat

(-) Minim fitur, performa, mulai usang

Suzuki masih tetap pede memasarkan APV selama 10 tahun tanpa adanya FMC (full model change) namun menurut kami, dibanding Luxio dan Evalia, APV Luxury masih lebih enak dipandang dan terlihat cukup segar. Namun, tetap saja ia tidak dapat menyembunyikan jati dirinya yang mulai lekang dimakan zaman. Hal itu bisa kita lihat di interiornya yang terkesan apa adanya. Fiturya pun sangat minim untuk ukuran mobil zaman sekarang. Namun, bukan itu senjata utama APV. APV mementingkan kenyamanan di atas segala galanya.

Suspensinya sendiri terbilang empuk dan ia juga memiliki akomodasi yang lega berkat penggunaan mesin kolong. Khusus varian ini ia juga sudah dilengkapi dengan captain seat. Soal perfoma, ia bisa dibilang biasa saja dan konsumsinya pun demikian. Tapi jika anda berniat menebusnya untuk mudik lebaran tahun ini, maka itu pilihan tepat mengingat akomodasinya lega.

11. Nissan Evalia XV HWS AT

Topgir.com-(30)

Harga :Rp 230,8 juta

(+) Kenyamanan khas Nissan, akomodasi lega, sudah ada keyless

(-) Desain, performa

Nissan melakukan penyegaran terhadap Evalia di tahun 2014. Ubahan yang dilakukan mampu membuat interiornya menjadi lebih mewah dan nyaman. Itupun ditambah juga dengan bantingan suspensinya yang nyaman, khas Nissan. Soal akomodasi, ia juga lega dan bisa menyaingi rival – rivalnya yang bermesin kolong. Dan satu fitur yang menarik adalah ia sudah memiliki keyless entry. Jadi, anda tinggal mengantungi kunci dan menyalakan mesin juga tanpa kunci. Hanya ada kenop putar.

Sayangnya, soal desain, ia tidak terlalu impresif. Bahkan dimata kami, APV Luxury lebih menarik dibanding Evalia soal eksteriornya. Interiornya juga biasa saja. Apalagi kalau kita membahas performa. Tenaganya terasa lemot, namun itu terbayar dengan konsumsi bbm cukup efisien.

Itulah beberapa rekomendasi dari kami. Soal harga, tentu setiap daerah bisa berbeda beda. Jadi, siapkah memboyong mobil baru ke kampung halaman lebaran ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About Hanif Mulia Ramadhan 89 Articles
Seorang remaja tanggung yang sangat menyukai dunia otomotif sejak kecil dan bercita cita ingin menjadi desainer mobil. Sangat suka dengan mobil - mobil jdm yang sporty dan american muscle yang gagah.