Proses Konsumen “Zaman Now” Dalam Membeli Mobil

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusid.com – Penelitian Google besama dengan TNS mengungkapkan bahwa Internet merupakan bagian penting dalam proses menentukan pembelian konsumen terhadap sebuah Produk Otomotif di Indonesia. Dalam hal ini membeli mobil merupakan sebuah Investasi yang besar. Tidak heran, jika orang Indonesia akan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk memutuskan mobil apa yang akan dipilih. Faktanya, 75 persen calon konsumen di Indonesia membutuhkan kurang lebih dua bulan untuk mengambil keputusan pembelian. Tenggat waktu tersebut dinilai cukup berharga bagi sebuah produsen otomotif untuk memberikan informasi yang layak bagi calon konsumennya. Tetapi, informasi apa yang sebenarnya mereka cari tahu?

Penelitian ini menunjukkan fakta-fakta konsumen otomotif Indonesia sebagai berikut :

Meningkatnya pencarian informasi secara langsung melalui online : Dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, informasi yang disajikan terhadap pengambilan keputusan pembelian di Indonesia yang menggunakan Internet secara mobile. 85 persen responden setuju mengenai hal ini, angka tersebut lebih besar dibandingkan riset pada pada 2016 yang mencatat 73 persen dalam kasus ini dan 63 persen konsumen yang menggunakan internet untuk menemukan diller. Minat pembelian mobil secara online meningkat hingga 63 persen dibandingkan tahun 2016 yang hanya 49 persen.

Menungkatnya Dorongan Untuk Menonton Video sebelum membeli mobil : Tahun lalu hampir 50 persen pengguna Internet di Indoesua yang merupakan calon konsumen mobil menonton video online sebelum membeli mobil. Saat ini, angka tersebut tumbuh hingga 59 persen. Peningkatan ini juga dialami oleh penelusuran tren di YouTube, jumlah penelusuran meningkat 1,6 kalo dibandingkan tahun sebelumnya.

Meningkatnya popularitas video menunjukkan bahwa ATPM di Indonesia harus memastikan bahwa brand mereka dapat ditemukan oleh calon konsumen merek yang mencari secara online. Berdasarkan riset drive by decide untuk konsumen Indonesia banyak sekali pertimbangan yang mereka cari untuk memilih sebuah kendaraan diluar kekuatan Brand Image nya saja. Akan tetapi riset ini membuktikan bahwa review dan konten yang ulas di YouTube akan mempengaruhi tendensi calon konsumen yang akan memberikan keputusan pembelian produk otomotif. Saat ini konten kreator dalam dunia otomotif masih cukup terbatas dan keterbatasan ini membuka peluang baik calon kreator maupun APM yang melakukan digitalisasi.

Selain konten, riset ini juga memberikan bukti bahwa pengguna Internet di Indonesia yang akan membeli mobil akan menonton video review produk terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan pembelian. Selain faktor tersebut, mereka pastinya juga akan mencari permasalahan yang akan dihadapi maupun masukan-masukan khususnya pada forum maupun komunitas sebagai salah satu bukti pendukung dalam prinsip pengambilan keputusan sebelum membeli kendaraan.

About Reyhan Apriathama 153 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.