Review : All New Mitsubishi Pajero Sport 2016

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Selang satu pekan setelah kemunculan All New Fortuner 2016, gantian Mitsubishi yang merilis All New Pajero Sport 2016 pada Jumat (29/1). Sama seperti kompetitornya, Pajero Sport diberikan perubahan besar dengan perubahan total dalam aspek desain eksterior, interior, mesin (tipe Dakar) dan transmisi.

Well, seolah tak mau kalah dengan All New Fortuner 2016, ia juga membekali diri dengan sejumlah amunisi yang menjaganya agar tetap bisa bersaing dengan lawan mainnya. Hal tersebut yang akan kita bedah di review kali ini yang bakal mengupas tuntas desain eksterior, desain interior, akomodasi, fitur, performa mesin dan harga Pajero Sport 2016 sampai ke akar-akarnya.

Desain Eksterior

Eksterior Pajero Sport 2016

Seperti Fortuner, Pajero Sport 2016 sudah mengadopsi bahasa desain produsennya yang baru. Kini Mitsubishi bakal memberikan elemen desain bertajuk Dynamic Shield di bagian muka mobil-mobilnya. Nah, Pajero Sport adalah produk pertama Mitsubishi yang sudah menggunakan desain tersebut. Nah, bentuk Dynamic Shield sendiri yaitu dengan headlamp dan gril tasa dan gril bawah yang seolah menyatu, disatukan oleh bilah krom vertikal. Begitu kira-kira.

Di samping kita akan menemukan garis bahu yang cukup unik, tidak memanjang dari depan ke belakang, di bagian tengah garisnya menghilang karena elevasi yang berbeda. Lalu desain jendelanya dibuat unik, terutama pada jendela samping belakang yang makin kecil. Jendela tersebut dikelilingi krom yang proporsinya pas, tidak seperti Avanza Veloz atau Xenia tipe R. Kami sih suka.

Belakang Pajero Sport 2016

Desain yang bagus di depan dan samping tidak diimbangi dengan pemandangan yang menyegarkan mata di belakang. Kelihatannya desainernya sudah lelah pas mau gambar belakangnya. Karena kita disuguhi lampu yang memanjang secara vertikal yang… seperti mata dengan air mata yang meleleh, alias nangis. Untungnya bagian yang panjang kebawah itu dikasih LED yang juga panjang sampai bawah. Yang agak disayangkan adalah absennya spoiler belakang di semua tipe, mengingat jadi aneh kelihatannya tanpanya.

Pajero Sport sudah diberikan lampu LED, hanay saja bukan dual LED seperti Fortuner. Untuk tipe Dakar, ia dipasangi headlamp washer yang dapat mencuci lampu depan kala terkena lumpur. Sementara itu, tipe selain Dakar diberi pelek 17 inci satu warna dan Dakar sendiri pakai pelek 18 inci yang sudah two tone dan diproses dengan metode machining.

Kesimpulannya, All New Pajero Sport 2016 sudah memodernisasi dirinya dengan meninggalkan desain lama yang walaupun kekar tapi terlihat cukup datar desainnya – tak atraktif. Hanya saja, Pajero Sport 2016 di beberapa bagian agak terlihat aneh, tapi tenang saja, makin sering kita melihat mobil ini lama-lama biasa juga.

Desain Interior

Interior Pajero Sport 2016

Sebenarnya desain interiornya lebih baik dari pendahulunya.Dengan desain yang tak lagi terlalu mengotak membuatnya terlihat lebih modern dan sejatinya apik dipandang. Hanya saja, yang pertama, bahan yang digunakan tak mengalami peningkatan. Tidak ditemukan material soft touch seperti pada Fortuner 2016. Tak berpengaruh pada visual memang, cuma sedikit mengganggu ketika anda mencoba mengetok dasbor mobil ini.

Kedua, pada dasbor diberikan aksen kayu. Apa-apaan, ini bukan 2004, dimana pada mobil harga menengah semacam ini seringkali dikasih kayu-kayu begini. Coraknya pun tak terlihat modern, berbeda dari apa kita lihat di Grand Livina, misalnya.

Selebihnya, cukup bagus. Kami suka dengan pegangan di door trimnya, bentuknya cukup menawan. Lalu, bila anda menatap ke plafon mobil ini di tipe Dakar, anda akan menemukan lubang berkaca yang dinamakan sunroof. Sementara di seberang sana, Fortuner tidak memilikinya. Ada juga jok kulit berwarna hitam, bukan coklat seperti Fortuner, khusus tipe Dakar juga. Satu lagi yang cukup unik dan menarik di Pajero Sport, AC double blower ditaruh di bagian samping atas kabin, bukan di tengah atas layaknya mobil-mobil lain, termasuk Fortuner. Entah distribusi udara AC akan menjadi lebih efektif atau tidak.

Akomodasi

Akomodasi Pajero Sport 2016

Bila anda ingin mendapat jawaban singkat, jawabannya adalah : lebih lega dari Fortuner.

Namun, bila anda mengharapkan jawaban yang lebih panjang, begini. Pajero Sport dimensinya lebih besar dari Fortuner mengingat bodinya yang sedikit lebih berisi. Sehingga anda bisa menikmati headroom dan legroom yang lega, mirip MPV.

Berbeda dengan Fortuner, pelipatan bangku baris ketiganya dapat dilakukan secara rata. Sementara rivalnya dari Toyota tersebut menggunakan sistem gantung bangku, dimana bangkunya digantung ke bagian samping. Tentu melipat ke bawah lebih mudah daripada mengangkat bangkunya keatas.

Fitur

20160211084312

Fitur All New Pajero Sport kini semakin lengkap. Misalkan, rem parkir elektrik, hill start assist, stability control, traction control,  trailer stability assist dan AC dual zone, namun itu semua hanya bisa didapatkan di varian Dakar. Khusus type 4WD, tuas 4WD diletakkan dibelakang transmisi yang tuasnya berdekatan dengan tombol hill decent control. Lalu, dual airbags, ABS, EBD hadir disemua type. Khusus Dakar, ditambah dengan BA dan tentunya Sunroof. Untuk headlamp, type Exceed dan GLX masih halogen dan Dakar sudah LED. Audionya bermerek Clarion dengan ukuran 6,5 inci. Fiturnya tergolong lumayan, ada radio, CD, DVD, AUX, Bluetooth, dan kamera parkir. Layarnya cukup responsif, tetapi kami lebih suka dengan head unit model indash yang membuat tampilannya menjadi lebih rapi dan mewah. Type Dakar juga memiliki jok kulit, lampu belakang LED, jok elektrik 10-way, headlamp washer, paddle shift dan tombol start stop engine.

Performa Mesin

20160208140831_wm

Type Exceed dan GLX memiliki mesin yang berkapasitas lebih besar dibanding Dakar. Namun tenaga yang dihasilkan masih kalah jauh dengan type Dakar. Mesin 2.500 cc-nya hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 136 dk dan torsi 324 Nm yang dipadukan dengan transmisi 5-speed, baik manual maupun matic. Dakar memiliki mesin yang “hanya” 2.400 cc, tetapi tenaga dan torsinya jauh lebih besar dibanding type dibawahnya. Tenaganya 181 dk dan torsinya 430 nm yang dipadukan dengan tramsmisi automatic 8 speed. Memang angka itu tidak segila yang dihasilkan Hyundai Santa Fe yang mampu meletupkan sebesar 198 dk dan 445 nm. Namun tenaganya jauh lebih besar dari Fortuner yang hanya 149 dk dan soal torsi Fortie hanya kalah 30 nm dari Dakar.

Harga

Tipe Harga
2.5 GLX 4×4 M/T Rp 495 juta
2.5 Exceed 4×2 A/T Rp 446 juta
2.4 Dakar 4×2 A/T Rp 496 juta
2.4 Dakar 4×4 A/T Rp 623 juta

Kesimpulan

20160211085205

Kami menilai bahwa desain eksterior All New Pajero Sport ini lebih futuristik dan dibanding pendahulunya yang kalem dan macho. Sayang, desain belakangnya tidak sebaik yang diharapkan dan aura macho khas Pajero Sport juga hilang. Interiornya berdesain biasa saja,  namun tetap lebih segar dibanding pendahulunya. Aplikasi panel kayu yang tidak terlihat mewah sama sekali mengurangi poinnya. Akan tetapi Pajero Sport membalas dengan fitur fitur yang sangat lengkap, mesin bertenaga untuk type Dakar, transmisi automatic 8 speed (Dakar), akomodasi lega dan tentunya sunroof masih dilekatkan di varian Dakar. Kini perihal harga, dengan banderol entry level lebih murah dibanding Fortuner, membuat ia kian menarik, namun untuk varian Dakar, ia lebih mahal dari Fortuner. Meski begitu anda akan mendapatkan fitur lengkap, akomodasi lega, mesin bertenaga, dan sunroof. Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar. Salam otomotif!

About Andra Febrian 80 Articles
Kenal dunia otomotif sejak 2006 dan mulai menulis dari 2012. Katanya jago photoshop, dan kurang paham mobil mahal.