Review : New Suzuki Splash Facelift

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Suzuki Splash adalah city car bermesin 1.200 cc yang dijual di Indonesia sejak tahun 2010 oleh PT. Suzuki Indonesia Sales (SIS) yang bersaing dengan Nissan March, Kia Picanto, Toyota Etios Valco dan Daihatsu Sirion.

Di kancah global, Suzuki Splash adalah mobil yang cukup tersohor namanya. Ia dipasarkan di banyak negara, sehingga Splash ‘dinobatkan’ sebagai mobil global. Di Inggris dan Jerman, ia dikenal sebagai Vauxhall Agila dan Opel Agila. Di India ia dinamai Maruti Suzuki Ritz.

suzuki-splash

Eksterior

Splash ini sulit dikatakan sebagai mobil yang menarik, mengingat desainnya yang agak aneh. Ia didesain berpostur tinggi seperti Wagon R, tapi tak mengotak. Di depan, tidak ada yang spesial dengan desainnya. Menganut bahasa desain Suzuki yang lama dengan gril atas yang satu frame dengan gril bawah seperti Audi. Di bagian samping garis bahunya datar, simpel layaknya Suzuki lainnya.

Bentuk belakangnya cukup unik dengan kaca belakang yang miring kebawah, tidak keatas seperti layaknya mobil normal. Lampu belakangnya dibuat memanjang dari atas ke tengah. Bumpernya didesain menggembung. Secara umum, Splash bukanlah mobil yang berorientasi pada desain eksterior, kecuali bila anda mengatakan desainnya cukup unik.

suzuki-splash-2012-2

Interior

Desain interior senada sama luarnya. Simpel dan datar. Biarpun begitu, kualitas buatannya alias build qualitynya cukup baik. Tidak sebaik mobil dengan kelas di atasnya, namun dia juga tak baik baik amat. Masih tergolong banyak material plastik tipis di dashboardnya. Hmm… masih ada ruang untuk perbaikan. Ada sentuhan cukup unik, takometernya diletakkan terpisah dengan speedometer, di kiri atasnya.

Suzuki Splash juga sudah diberikan New Integrated Audio System yang kompatibel dengan banyak gadget seperti USB, MP3, CD, dan Radio yang siap memberikan hiburan yang maksimal bagi anda. Juga tersedia pengontrol audio di stir. Namun pengontrol ACnya masih menggunakan knop murahan. Ya.. wajar sih untuk mobil harga segini.

Akomodasi

Dengan postur tinggi tentu memunculkan keunggulan di kabin yaitu headroom yang lega. Selain itu, bangku baris kedua juga nyaman diduduki dengan legroom yang tergolong luas. Begitu juga bagasinya, yang dapat dimasuki empat galon dan sudah dilengkapi tray agar isi bagasi tak bisa dilihat.

Soal kepraktisan, Suzuki menyediakan 2 laci, 5 saku penyimpanan dan 2 cup holder untuk Splash. Jok baris kedua juga dapat dilipat hanya dengan satu tarikan saja. Sehingga akomodasi dan kepraktisan termasuk keunggulan Suzuki Splash. Dengan begitu, Suzuki Splash adalah mobil yang tergolong praktis dikelasnya.

Fitur

blob-4-edd

Untuk fiturnya, mobil ini tergolong lumayan. Untuk market Indonesia hanya diberikan Single Airbag saja. Fitur lain yaitu ABS, yang berguna saat mengerem sehingga ban tak terkunci. Child lock, untuk membuka pintu tertentu dari luar. Ini berguna bagi anda yg memiliki anak kecil. Serta Seatbelt dengan ELR.

Untuk kenyamanannya, mobil ini telah dilengkapi dengan EPS (Electric Power Steering) yang berfungsi agar setir lebih ringan dan bebas dari kebocoran oli power steering, 4 power window, dan… Sudah itu saja. Fitur kenyamanan-nya tergolong biasa lazimnya mobil pada umumnya.

Performa Mesin

Splash sendiri dipasangi mesin K12M 1.198 cc 4 silinder bertenaga 85 hp di 6000 Rpm, sedangkan torsi maksimal yang dapat diraih yakni 113 Nm. Sungguh mesin yang kecil ya. Namun mesin seperti ini seharusnya cocok buat pengendaraan di kota yang sangat jarang ngebut. Tapi, kalau mau ngebut-ngebut, lirik kompetitor dulu deh…

Harga

Tipe Suzuki Splash Harga
Splash AT Rp 150.000.000,-
Splash GL Rp 148.000.000,-
Splash GL A/T Rp 151.000.000,-
Splash GL M/T Rp 140.000.000,-

Kesimpulan

Mobil ini adalah mobil yang cukup menarik apabila anda mencari kepraktisan dan mesin yang efisien, mengingat mobil ini bermesin 1.200 cc dan dimensi yang ringkas, seharusnya lincah untuk dibawa di perkotaan. Apabila anda seorang car enthusiast yang hobby mengemudi kami rasa ini merupakan mobil yang tak masuk dengan kriteria anda, meningat masih ada kompetitor yang memiliki tenaga lebih mumpuni dari Splash ini.

Namun semua kembali kepada selera anda, karena desain mobil ini yang kontroversial serta belum ada facelift terupdate. Memang, Splash kalah telak dengan Sirion. Selain dia sudah mendapatkan facelift berarti, juga karena Sirion memiliki fascia yang mudah diterima konsumen. Namun ia masih lebih baik dari Etios Valco yang desainnya mulai menua dan mulai membosankan untuk dilihat. Namun Splash adalah mobil yang masih layak dipilih mengingat ia sangat praktis, apalagi Splash kini mendapatkan varian transmisi automatic. Bagaimana menurut anda? Sampaikan dibawah ini!

Sebagai catatan, review ini merupakan bagian dari Random Popular Car Review, dimana mobil yang direview dipilih dengan cara diundi di beberapa waktu.

About Adrians Ramadhani 15 Articles
Seorang pemuda yang tertarik akan dunia otomotif dan teknologi yang dimulai saat ia duduk di bangku SD.