Test Drive : Mercedes Benz E300 AMG Line, E is an Emotional

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Mercedes Benz E Class merupakan barometer dari satu generasi Mid Size Luxury Sedan  dikelasnya dimana ia adalah mobil pertama yang memberikan segelintir rasa canggih dan mewah di setiap generasinya. Bahkan, sampai saat ini Mercedes Benz juga tidak pernah gagal dalam mengembangkan generasi E-class di setiap generasinya sehingga ia selalu menjadi yang terbaik dikelasnya dan menjadi market leader di kelas MidSize Luxury Sedan di seluruh dunia tanpa terkecuali di Indonesia. Pada tahun 2016 silam, Mercedes Benz juga mengganti generasi dari E Class ini dengan kode bodi W213 sebagai suksesor dari W212 yang berhasil memberikan konotasi sebuah E class yang paling dinamis namun tetap mempunyai rasa elegan dan mewah dan W213 berhasil meneruskan kesan tersebut hingga saat ini.

Click Download to save this image
Desain, kembali ke masalah selera. Tetapi saat melihatnya langsung desain dari E300 AMG ini terlihat dinamis dan atraktif tanpa ada kesan konservatif sedikitpun.

Saat kami melihatnya pertama kali di Foto, kami mempunyai pemikiran negatif tentang desain mobil ini karena kami merasa desainnya kurang berkarakter dan tidak proporsional, bahkan kami justru merasa saat melihat mobil ini langsung dan membandingkannya dengan W212 Facelift sekalipun, kami merasa W212 Facelift justru karakter desainnya lebih radikal dan perubahannya sangat mencolok dibandingkan W213 sekalipun. Namun, anggapan kami sebenarnya salah. Karena saat kami melihat langsung, kami merasa mobil ini ternyata mempunyai karakter desain yang menarik dan elegan, apalagi unit yang kami gunakan adalah E300 AMG Line yang sudah dilengkapi oleh imbuhan paket aerodinamis dari AMG sehingga mobil ini kian spesial. Dalam hal ini juga ada satu yang saya rasa spesial, mengapa? Karena kami melihat secara sudut maupun garis desain dari W213 ini, para desainer Mercedes Benz sepertinya melihat bahwa segmentasi mobil ini sedikit berubah, dimana usia seorang Eksekutif sudah berpindah seiring pertumbuhan perusahaan rintisan, yaitu dari usia 40-55 tahun kini, menjadi usia 28 – 45 tahun, Mercedes Benz kami rasa melihat potensi hal tersebut sehingga di generasi W213 ini mempunyai desain dan lekukan yang dinamis sehingga membentuk karakter yang sangat atraktif untuk para eksekutif yang sehari-hari menggunakan jasa pengemudi, namun di akhir pekan dan saat senggang ia masih ingin merasakan berkendara sendiri.

Click Download to save this image
Walaupun dari foto terlihat kurang proporsional, tetapi saat anda melihatnya langsung terlihat mobil ini panjang dan berotot. Namun, jika anda masih merasa terlihat kurang panjang, Di India dan China tersedia varian Long Wheelbase yang memanjang 14 Cm dengan desain samping bak sebuah Maybach edisi paket hemat.

Desain bagian samping dan belakang mobil ini tidak seperti W212 yang mengotak tegas dan berkarakter, melainkan desain yang mengkurva dengan guratan-guratan yang sangat berani, terlepas dari desain yang mirip dari C,E dan S, kami justru melihat bahwa hal tersebut menjadi sangat bagus, karena kemiripan desain akan membentuk bahasa desain yang akan dibawa oleh desainernya, selain itu diantara ketiga varian andalan Mercedes Benz tersebut E Class justru mempunyai karakter yang paling proporsional.

Desain belakang seperti mirip dengan kakak dan Adiknya yaitu S dan C class dengan guratan garis yang lebih lurus dan tegas.
Desain belakang seperti mirip dengan kakak dan Adiknya yaitu S dan C class dengan guratan garis yang lebih lurus dan tegas.

Di bagian interior dari Mobil ini yang kami rasakan adalah lompatan yang sangat jauh dari segi teknologi, karena dibagian tengah tersedia dua buah instrument cluster yang besar seperti Mercedes Benz S Class dengan resolusi HD yang sangat cantik dan mewah. Attention to detail dari mobil ini nyaris sempurna, bukan hanya material berkelas tinggi saja yang dihadirkan di dalam E Class, tetapi guratan desain dari panel instrumen mobil ini juga sangat bagus.

Click Download to save this image
Panel instrumen E Class, sekilas seperti Mercedes Benz S Class dengan resolusi Full HD dengan Attention to Detail yang sangat bagus dan dapat dipersonalisasikan dengan tiga mode

Namun, ada hal yang cukup berbeda karena di varian AMG Line ternyata jok kulit dari E300 ini ternyata menggunakan bahan campuran yaitu Kulit dan Bludru. Memang, bagi beberapa orang akan sedikit mengurangi kemewahan dari mobil ini, namun ternyata yang kami rasakan bahwa penggunaan bahan campuran tersebut justru membuat jok dari mobil ini tidak pernah terasa panas walaupun dalam kondisi terik sekalipun. Untuk menunjang kemewahan yang lebih artistik, E Class juga telah dilengkapi oleh lampu illuminasi dengan total konfigurasi hampir 64 warna yang memberikan kesan mewah dan roomy.

Click Download to save this image
Desain interior E Class ini sangat artistik dan roomy dengan kualitas material yang sangat baik.

Dalam hal Multimedia, W213 kini sudah dilengkapi oleh layanan COMMAND yang siap membantu anda tidak hanya mengatur dalam hal Multimedia, tetapi juga mengatur segala sistem yang tersedia di dalam kendaraan. sayangnya fitur ini  memiliki respons yang kurang baik dan sering mengalami lag, seperti sebuah telepon seluler tanpa ada prosesor yang propper.

Click Download to save this image
Konektivitas Android Auto di Sistem COMMAND E-Class ini dapat dijalankan secara maksimal dan ditunjang dengan Audio buatan Burmester dengan sistem Surround View yang berkualitas sangat baik dan mampu menjalankan aplikasi spotify dengan baik

Dalam hal konektivitas COMMAND tidak hanya menyediakan navigasi satelit saja, tetapi di W213 ini ia juga melengkapi hal tersebut dengan hadirnya Apple CarPlay dan Android Auto, sehingga memudahkan konektivitas dari Telepon Seluler ke sistem COMMAND ini. Untuk memanjakan telinga anda selama perjalanan, ia dilengkapi juga dengan Audio dari Burmester dengan sistem surrond view yang jernih dan siap memanjakan anda. Di Bagian belakang, sayangnya mobil ini belum dilengkapi oleh Rear Seat Entertainment system yang semestinya sudah hadir di mobil ini, karena kebanyakan pemilik dari E Class menggunakan jasa pengemudi.

Click Download to save this image
Mesin dengan konfigurasi empat silinder Turbochargered dengan kapasitas mesin 1.991 cc bertenaga 245 PS ini memiliki tenaga yang sudah lebih dari cukup untuk melajukan mobil ini yang memiliki bobot yang hampir 2 Ton.

Untuk soal performa, Mercedes Benz E 300 AMG Line menggunakan mesin 2000 cc 4 Silinder Turbochargered dengan tenaga 245 PS dan torsi 370 NM yang disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis sembilan percepatan yang telah dilengkapi oleh lima mode berkendara dari ECO, Comfort, Sport, Sport + dan Individual. Dalam hal berkendara, setiap generasi E Class selalu ada rasa bangga, termasuk W213 dengan pengendaraan yang sangat halus dan performa yang kian mengagumkan. Karakter berkendara mobil ini juga kian moderat, dengan pengendalian rasa C Class yang tajam dan presisi. Dalam hal performa, Mercedes Benz E300 dapat dikatan lebih dari cukup untuk sebuah sedan eksekutif harian, karena dari kondisi diam ke 100 Km/Jam, E-Class mampu menuntaskan parameter tersebut dalam 6,7 detik dengan bantuan Launch Control. Sementara, untuk konsumsi bahan bakar, di rute dalam kota E-Class mampu mencetak angka 10,5 Km/L sementara di rute tol dengan kecepatan 90 Km/Jam ia mampu mencetak 18,5 Km/L.

Click Download to save this image
Varian E300 AMG Line akan memberikan Value For Money yang terbaik diantara jajaran varian dari Mercedes Benz E Class.

Selain varian E300, Mercedes Benz juga mempunyai dua varian lain, yaitu E 250 dengan mesin 2.000 cc 4 silinder dengan tenaga 211 PS dan varian E43 dengan mesin 3.000 cc berkonfigurasi V6 dengan tenaga 401 PS. Varian E300 AMG Line dibanderol 1.329.000.000 (OFR DKI Jakarta), sementara E 250 dibanderol dengan harga 1.129.000.000 (OFR DKI Jakarta) dan E43 AMG senilai 1.849.000.000 (OFR DKI Jakarta).

E is an Emotional, begitulah kata yang dapat menyimpulkan Mercedes Benz E Class generasi kelima ini. Emotional yang dirasakan sangat lekat dengan simbol kemapanan kaum elit maupun Top Eksekutif yang tidak hanya ingin tampil elegan, namun Mercedes Benz berhasil menciptakan kesan yang lebih cheerful untuk E Class generasi ini dengan memberikan rasa sentuhan yang lebih dinamis dan berkarakter. Jika anda hanya menginginkan sebuah Mobil yang hanya nyaman untuk disupiri, maka varian E250 sudah cukup, tetapi jika anda berharap lebih dan masih ingin merasakan mengendarai sendiri dengan rasa fun to drive dan mempunyai rasa spesial pada sebuah E Class dan ingin merasakan emosional yang khusus, maka E 300 AMG Line adalah jawabannya.

About Reyhan Apriathama 112 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.