Test Drive : The All New Chevrolet Trailblazer, Dont Judge By Cover !

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – SUV Berbasis Ladder Frame merupakan kendaraan yang sangat tepat untuk Negara dengan iklim dan geografis seperti Indonesia maupun beberapa Negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Vietnam dan Filipina. Wajar saja jika SUV dengan jenis ini sangat laku di Negara tersebut, dan persaingannya pun sangat ketat. Secara tidak langsung, momentum tersebut diambil oleh Chevrolet dengan produknya yaitu The All New Chevrolet Trailblazer yang mencomot sasis dari saudaranya yaitu Chevrolet Colorado.

Kehadiran mobil ini sesungguhnya sudah ada sejak 2012 silam dimana mereka meluncurkan varian 2.500 cc dan 2.800 cc. Sayangnya, gap antar varian tersebut yang terlalu tinggi dan adanya BBN 2013 untuk mesin Diesel diatas 2.500 cc sehingga mobil ini gagal di pasaran dan ditambah lagi dengan kekuatan supremasi Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang saling serang demi memuncaki Market Leader dikelas ini di masa yang lalu. Kegagalan tersebut ternyata dipelajari oleh Chevrolet untuk mengemas produk SUV mereka dengan paket yang lebih value for money sehingga produk mereka kian diterima di pasaran.

Pada Februari 2017 mereka mengambil momentum tersebut seiring dengan diluncurkannya Chevrolet Trax dan Spark yang diharapkan mampu mendongkrak penjualan Chevrolet di Indonesia. Secara mengejutkan mobil ini memiliki harga yang berada dibawah pesaingnya, yaitu dimulai dari 446 juta dan 463 juta rupiah. Harga tersebut perbedaannya bahkan 10 persen lebih murah dibanding dua rival abadi mereka baik Mitsubishi Pajero Sport Dakar dan Toyota Fortuner VRZ. Seperti apa pengalaman kami bersama The All New Chevrolet Trailblazer? Mari kita simak!

Desain tampilan depan yang kekar dan berkarakter
Desain tampilan depan yang kekar dan berkarakter

Dari depan terlihat pendewasaan desain yang kian matang, desainnya seakan-akan diilhami dari Chevrolet Tahoe, Suburban maupun Silverado yang citarasa Amerikanya sangat kental sehingga memberi kesan gagah dan kekar dari tampilan depan dengan garis-garis horizontal yang tegas dan membesar. Memang, pada sisi penerangan mobil ini kami akui sangat konvensional karena masih menggunakan lampu halogen standar, walaupun sudah dilengkapi oleh LED DRL.

Dari bagian samping hanya bentuk velg yang kian senada sebagai pembeda antara varian Facelift dan Non Facelift
Dari bagian samping hanya bentuk velg yang kian senada sebagai pembeda antara varian Facelift dan Non Facelift

Di bagian samping, yang berubah hanya bentuk velg dengan profil Ban 265/60/R18 berkelir two tone colour dan emblem Duramax yang mengurangi nilai estetikanya, namun pada emblem tersebut seakan-akan bisa menjadi cermin dadakan. Sementara, Pada bagian belakang mobil ini, tidak ada sentuhan perubahan sama sekali yang kami lihat. Secara menyeluruh, varian ini hanya berubah di penampilan depan yang lebih atletis, tapi mengapa Chevrolet mengkomunikasikannya dengan bahasa All New di varian facelift mereka? Karena mereka ingin membuktikan bahwa hal yang baru tidak hanya terlihat di Eksterior, tetapi juga terasa di bagian interior dari mobil ini sehingga terkesan estetika yang baru.

Pada bagian belakang nyaris tidak berubah dari versi Non Facelift yang sudah beredar sejak 2012
Pada bagian belakang nyaris tidak berubah dari versi Non Facelift yang sudah beredar sejak 2012

Saat masuk ke Interior, barulah kesan All New terpancar, desain interiornya terlihat lebih modern yang didominasi oleh warna cokelat tua yang memberikan kesan mewah. Kemewahan tersebut ditunjang juga dengan material empuk dan brush alumunium yang berkelas di instrumen tengahnya, walaupun secara keseluruhan kabin mobil ini masih di dominasi oleh material plastik keras dengan built quality yang solid dan tahan lama .

Interior yang berubah total dengan kualitas material yang tahan lama
Interior yang berubah total dengan kualitas material yang tahan lama dan sulit mencari slot tombol yang kosong sehingga mobil ini terasa kaya akan fitur

Serta banyaknya fitur yang mengisi slot-slot tombol seakan-akan mobil ini memiliki fitur yang lengkap. Ya, mobil ini syarat fitur yang sangat lengkap pada sisi keselamatan aktif seperti Lane Departure Warning System, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring System, Traction Control bahkan Front Collision Warning yang kian memberi rasa aman di mobil ini.

Posisi duduk yang tinggi akan menimbulkan rasa percaya diri saat mengendarai mobil ini
Posisi duduk yang tinggi akan menimbulkan rasa percaya diri saat mengendarai mobil ini

Posisi duduk dari mobil ini terasa tinggi yang membuat penglihatan kita seakan-akan berada diatas mobil lain. Pengaturan jok pengemudi dapat diatur elektris empat arah dan untuk penumpang sudah tersedia height adjuster.

P1011038__1509893587_180.244.154.90
Interface MyLink memang seperti Handphone Tiongkok, tetapi sangat mudah dioperasikan

Pada sisi instrumen juga sudah dibekali sistem multimedia MyLink yang tidak hanya dapat memutar USB, AUX dan Bluetooth, tetapi juga dapat terkoneksi oleh AndroidAuto dan Apple CarPlay, hal tersebut juga ditunjang dengan kualitas audio yang lebih dari cukup berkat speaker premium sebanyak tujuh buah yang diracik langsung oleh Chevrolet.

Mesin Duramax 2.500 cc VGT ini akan memberikan pengalaman spesial bersama TrailBlazer
Mesin Duramax 2.500 cc VGT ini akan memberikan pengalaman spesial bersama TrailBlazer

Saat menengok ke kap mesinnya yang sangat keras bahkan bisa membuat tangan anda berotot, mobil ini punya mesin yang spesial karena dibekali mesin 2.500 cc Duramax Diesel VGT dengan tenaga 180 PS pada 3600 Rpm dan Torsi 440 Nm yang sudah terasa sejak putaran 2000 rpm. Mesin tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Melihat penampilannya yang memukau bak sebuah mobil patroli FBI, rasanya kami tak sabar mencobanya dijalan raya. Saat pertama yang kami rasakan pada mobil ini terlihat sangat besar sekali, namun hal tersebut ternyata tidak terasa seperti itu, ia terasa cukup mudah untuk dikendarai dan tidak terasa seperti membawa sebuah Ladder Frame pada umumnya, karena gejala limbung nya dapat diredam dengan cukup baik meskipun karakter suspensi dari mobil ini tidak bisa dibilang empuk, namun ia terasa pas antara kaku, keras dan tingkat keempukan suspensinya. Menurut kami rasa seperti naik sebuah Captiva namun dengan dimensi yang sedikit melebar dan memanjang. Dalam hal performa mobil ini rasanya effortless, ia tidak perlu berusaha untuk mencapai puncak putaran mesin, bahkan sejak putaran bawah kami akui mobil ini terasa minim turbolag dan getaran mesinnya cukup halus. Dalam hal angka mobil ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam tempo 10.4 detik, angka tersebut bahkan menjadi yang terbaik dikelasnya dan lebih baik dibandingkan dengan Pajero Sport sekalipun.

Walaupun sanggup menenggak Biosolar, namun berdasarkan buku manual untuk tetap menggunakan solar dengan Cetane diatas 50 dengan sulfur kurang dari 500 Ppm
Walaupun sanggup menenggak Biosolar, namun berdasarkan buku manual untuk tetap menggunakan solar dengan Cetane diatas 50 dengan sulfur kurang dari 500 Ppm

Untuk konsumsi bahan bakar mobil ini dalam kategori wajar karena di rute dalam kota hanya mampu mencetak angka 10 Km/L dan di rute tol ia menembus angka yang cukup positif yaitu 15.2 Km/L. Mobil ini juga mampu menenggak solar subsidi, namun kami tetap sarankan untuk tetap mengisi Solar dengan cetane yang tinggi seperti PertaminaDex.

Dengan segudang perubahan yang positif, Mobil ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik dan siap menebar ancaman untuk pesaing-pesaingnya.
Dengan segudang perubahan yang positif, Mobil ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik dan siap menebar ancaman untuk pesaing-pesaingnya.

Bagaimana kesimpulan kami tentang The All New Chevrolet Trailblazer? Mobil ini punya banderol yang paling kompetitif dikelasnya dengan fitur yang menarik dan sangat lengkap, yaitu di harga 446 juta untuk varian LT dan 463 juta untuk varian LTZ. Mobil ini memang bukan yang terbaik dikelasnya, tetapi dalam hal teknologi dan inovatif mobil ini menjadi SUV Ladder Frame yang paling canggih dan fiturnya lebih lengkap. Memang, dalam hal kualitas Built Quality mobil ini biasa-saja, namun jika anda menginginkan SUV Ladder Frame dengan tongkrongan yang macho dan mampu menembus segala medan dengan rasa percaya diri, The All New Chevrolet Trailblazer bisa memberi lebih.

About Reyhan Apriathama 112 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.