Test Drive : The All New Chevrolet Trax, The Urban Cruiser (Part 2)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Setelah melihat apa saja perubahan yang terjadi pada The All New Chevrolet Trax, kini kami akan memaparkan seperti apa impresi berkendara dari The All New Chevrolet Trax, yang dimana The All New Chevrolet Trax merupakan satu-satunya kontestan dikelas Crossover yang mempunyai mesin turbo.

Diatas kertas mobil ini menggunakan mesin empat silinder Ecotec Turbo dengan tenaga 140 Hp pada 4.950 Rpm dan Torsi 200 Nm pada 1.850 Rpm yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis enam percepatan tiptronic. Berbicara dalam hal berkendara, Chevrolet Trax merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya. Mengapa? Karena selain mempunyai tenaga yang salah satu terbesar dikelasnya, ia juga mempunyai karakter dan kehalusan berkendara yang sangat baik.

Mesin Ecotec Turbo ini merupakan salah satu mesin dengan performa terkuat dikelasnya
Mesin Ecotec Turbo ini merupakan salah satu mesin dengan performa terkuat dikelasnya

Dalam hal Performa mobil ini memiliki tenaga yang sangat memadai untuk di perkotaan, dan putaran bawah mesin juga sangat kuat sehingga cukup enak untuk diperkotaan seperti Jakarta. Mobil ini juga mudah dikendarai dan terasa mengasyikkan untuk meliuk-liuk kepadatan ibukota. Ketika berakselerasi, mobil ini mampu mencetak angka 9,7 detik untuk parameter 0 ke 100 Km/Jam. Angka tersebut merupakan angka yang sangat positif mengingat pesaingnya yang bahkan lebih besar cc nya pun juga ada yang lebih lamban dibandingkan Trax yang bermesin kecil sekalipun. Pada kecepatan 100 Km/Jam mobil ini juga hanya berputar pada 1.850 Rpm sehingga putaran mesin dan turbo nya pun cukup halus.

Namun, saat kita berbicara konsumsi bahan bakar, Chevrolet Trax masih dalam kategori yang reasonable, terbukti di rute dalam kota dengan rata-rata kecepatan 19 Km/Jam ia mampu mencetak 10,2 Km/L dan rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 Km/Jam ia berhasil mencetak angka 18,5 Km/L. Angka tersebut masih dalam batas wajar, mengingat ia bermesin Turbo dengan tenaga yang cukup besar, bertransmisi konvensional dan belum tersedia mode berkendara.

Performa yang positif juga berlanjut pada karakter berkendara mobil ini yang sangat baik layaknya sebuah mobil eropa yang mempunyai komposisi seimbang antara pengendalian dan kelembutan suspensi dari mobil ini sehingga rasa berkendara dan kualitas berkendaranya pun terasa sangat moderat dan mempunyai karakter tersendiri sehingga orang akan mempunyai pengalaman yang berbeda.

Tidak ada kesulitan yang berarti saat Trax berada di tanah sekalipun
Tidak ada kesulitan yang berarti saat Trax berada di tanah sekalipun

Saat dijalan raya mobil ini layak diacungi jempol, ternyata dengan modal Ground Clearance sekitar 181 milimeter mobil ini ternyata mampu menerjang jalanan tanah sekalipun, hal tersebut kami buktikan secara langsung di mobil ini tanpa mengalami gejala slip sekalipun, bahkan kehadiran Hill Descent Control dan Traction Control sangat berperan dalam menjaga stabilitas mobil disaat licin.

Bagaimana kesimpulan kami tentang The All New Chevrolet Trax? Harus kami akui, ini merupakan salah satu produk terbaik dikelasnya dengan segudang fitur yang lengkap, desain yang menarik serta performa dan karakter berkendara yang sangat baik. Dengan harga 286 juta (LT) dan 312 juta (LTZ) kami rasa ini merupakan pilihan yang paling Value For Money dikelas Crossover. Harga tersebut juga yang paling kompetitif jika dibandingkan dengan HR-V 1.800 Prestige dan Mazda CX3 Touring sekalipun dengan kelengkapan fitur yang intrinsik. Kini, tugas terbesar dari Chevrolet di Indonesia adalah bagaimana cara mereka untuk terus membenahi dan memperluas jaringan purna jual dari mobil ini sehingga para konsumen yang akan membeli mobil ini tidak mengalami kesulitan untuk pemeliharaan kendaraan.

 

About Reyhan Apriathama 112 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.