Test Drive : The All New Chevrolet Trax, The Urban Cruiser (Part 1)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

AutoPlusID.com – Crossover merupakan jawaban dimana kebutuhan orang akan mobil yang kompak dengan kenyamanan khas sedan serta jelajah tinggi khas SUV, belum lagi jawaban tersebut juga terlihat dengan banyaknya pembangunan infrastruktur dimana-mana, sehingga Crossover sangat layak menjadi pilihan terbaik untuk saat ini. Di 2016 silam raksasa Otomotif asal Amerika Serikat, yaitu Chevrolet menghadirkan Chevrolet Trax ke Indonesia dengan banderol dan fitur yang sangat menarik pada saat itu. Walaupun memang, tampilan pada versi sebelum facelift tersebut cenderung kuno, dimana model tersebut sudah hadir sejak 2013 silam. Akan tetapi, tidak lama berselang kemudian di awal 2017, PT General Motors Indonesia dengan berani mengeluarkan Trax facelift seiring dengan peluncuran Trailblazer dan Trax, kedatangan varian ini terus terang saja, memiliki tempo waktu yang sangat cepat antara varian Non Facelift dan Facelift. Tapi, walaupun hanya berselang setahun saja, ternyata perubahan dari mobil ini cukup signifikan. Seperti apa perjalanan kami di Akhir Pekan bersama The All New Chevrolet Trax? Kita simak.

Desain pada fascia bagian depan ini kian berkarakter dan mempertegas penampilannya
Desain pada fascia bagian depan ini kian berkarakter dan mempertegas penampilannya

Dari desain eksterior pada bagian depan terlihat jelas bahwa desain dari The All New Chevrolet Trax facelift ini memiliki perubahan yang cukup signifikan dari segi fascia. Bentuk lampu yang membesar dan sudah dilengkapi oleh lampu halogen proyektor dan LED DRL dengan grill yang lebih panjang dan pipih serta lekukan dari bentuk bemper yang lebih menarik. Namun sayangnya, pada The All New Chevrolet Trax masih ada lips spoiler berbentuk karet yang sedikit mengurangi ground clearance dari mobil ini. Dibagian samping mobil ini, tidak ada perubahan yang spesifik selain berubahnya bentuk velg yang lebih menarik dengan ukuran 215/55/R18.

Desain pada bagian samping terlihat kekar dan proporsional
Desain pada bagian samping terlihat kekar dan proporsional

Di bagian samping ini, yang kami sukai adalah profil kekar dengan sentuhan cita rasa Eropa dan Amerika yang menyatu, bahkan profil ini kami rasakan tidak ada kejanggalan sama sekali pada mobil ini. Di bagian belakang mobil ini, secara tidak langsung hampir sama, namun ada beberapa hal yang berbeda yaitu, lekukan lampu LED dan penggunaan Emblem di mobil ini yang lebih sederhana.

Walaupun minim ubahan di bagian belakang, tetapi cita rasa Eropa sangat kental
Walaupun minim ubahan di bagian belakang, tetapi cita rasa Eropa sangat kental

Secara keseluruhan, desain dari mobil ini lebih berkarakter dan lebih segar, namun saat melihat secara langsung kami rasakan pada eksteriornya perubahannya dapat dikatakan cukup minim jika dilihat secara menyeluruh.

Layout Interiornya kian modern dengan layar instrumen tengah yang berkelas, sayang bentuk stir tidak berubah sehingga mengurangi kemewahannya
Layout Interiornya kian modern dengan layar instrumen tengah yang berkelas, sayang kualitas materialnya masih di dominasi oleh plastik

Perubahan yang lebih terasa bukan pada bagian Eksterior dari The All New Chevrolet Trax, tetapi pada bagian Interior dari Chevrolet Trax, karena yang kami rasakan paling utama adalah bentuk dasbor yang hampir berubah total dibandingkan sebelum Facelift, selain itu di bagian instrumen tengah juga sudah tersedia panel dengan bahan lunak yang berkualitas baik. Namun sayangnya, panel empuk tersebut hanya terdapat pada satu sisi saja dan selebihnya didominasi oleh material plastik dengan kualitas yang tahan lama.

Chevrolet MyLink tidak hanya mengakomodir sistem entertainment saja tetapi pengaturan kendaraan juga terpusat disini
Chevrolet MyLink tidak hanya mengakomodir sistem entertainment saja tetapi pengaturan kendaraan juga terpusat disini

Di Instrumen tengah, kita akan menemukan sistem MyLink yang tidak hanya memancarkan radio dan Bluetooth, tetapi juga mobil dapat terkoneksi dengan AppleCarPlay dan Android Auto bahkan semua pengaturan di dalam mobil ini termasuk kamera mundur dan sistem secara menyeluruh berada di sistem MyLink ini.Kualitas suara dan Audio nya juga sangat memuaskan untuk sebuah Crossover.

Walaupun berbentuk analog dengan display monokrom, namun kami menilai MID dari Trax adalah yang paling informatif
Walaupun berbentuk analog dengan display monokrom, namun kami menilai MID dari Trax adalah yang paling informatif

Pada bagian panel instrumen dan speedometer, The All New Chevrolet Trax justru malah menggunakan sistem Analog yang bagi sebagian orang dianggap sebuah kemunduran, mengingat varian sebelum facelift sudah digital. Eits, ternyata walaupun berbentuk analog dan konvensional tetapi instrument cluster nya sarat informatif, bahkan sudah tersedia informasi tentang presentase oli dan tekanan angin ban.

Posisi duduk dari mobil ini ergonomis dan supportif layaknya posisi duduk seperti Hatchback, posisi duduk tersebut tidak hanya maju-mundur, naik dan turun saja, tetapi pengaturan stir juga dapat dilakukan secara tilt dan teleskopik sehingga anda dapat mengatur posisi duduk dengan sebaik mungkin.

Bangku baris kedua memiliki legroom yang memadai meskipun headroomnya cukup terbatas untuk orang dengan postur tubuh diatas 175 cm
Bangku baris kedua memiliki legroom yang memadai meskipun headroomnya cukup terbatas untuk orang dengan postur tubuh diatas 175 cm

Pada baris kedua mobil ini, yang kami rasakan bahwa mobil ini sebenarnya cukup lega untuk orang yang berpostur tinggi, belum lagi legroom dari mobil ini yang kami rasakan juga sangat baik untuk kelasnya dan sudah dilengkapi oleh Armrest dan Seatbelt tiga titik.

Satu-satunya dikelasnya yang dilengkapi oleh power outlet 220 V
Satu-satunya dikelasnya yang dilengkapi oleh power outlet 220 V

Namun ada satu hal yang sangat spesial yaitu, hadirnya power outlet 220 watt yang sangat berguna untuk keperluan jarak jauh. Kelebihan lain yang sangat terasa adalah banyaknya ruang penyimpanan terbuka yang ada pada semua bagian pintu dan celah-celah kabin. Sayangnya, kekurangan yang cukup mengganjal adalah visibilitas dari mobil ini karena Pilar A depan yang sangat tebal sehingga mengurangi jarak pandang di depan dan tingginya headrest juga sedikit mengurangi penglihatan ke belakang. Pada artikel selanjutnya, kami akan membahas impresi berkendara dari mobil ini dan bagaimana kesan kami terhadap mobil ini, jadi stay tune terus di Autoplusid.com ya.

 

 

About Reyhan Apriathama 112 Articles
Seorang Test Driver penggemar yang suka dengan German Engineering dan masih berstatus single. Suka banget sama SUV dan Double Cabin apalagi buat kepentingan roadtrip.